Rabu 23 Nov 2016 15:01 WIB

80 Persen Lulusan BSI Sudah Bekerja atau Jadi Pengusaha

Rep: Rossi Handayani/ Red: Irwan Kelana
Para wisudawan BSI.
Foto: Dok BSI
Para wisudawan BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Ada yang menarik setiap kali acara wisuda perguruan tinggi Bina Sarana Informatika (BSI). Sebagian besar wisudawan tersebut sudah bekerja atau merintis usaha menjadi pengusaha.

“Setiap kali acara wisuda, saya selalu minta kepada para wisudawan yang sudah bekerja atau merintis usaha agar mengacungkan jari. Ternyata rata-rata 70-80 persen wisudawan BSI sudah diterima bekerja di perusahaan atau menjadi wirausahawan,” tutur Direktur Bina Sarana Informatika (BSI) Naba Aji Notoseputro pada acara wisuda ke-46 BSI yang digelar di BSI Convention Center, Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/11/2016).

Wisuda ke-46  gelombang pertama itu berlangsung selama lima hari, 21-25 November 2016. Kegiatan tersebut  diikuti oleh wisudawan program Diploma Tiga (D III) sebanyak 7.357 orang.

Naba menambahkan, BSI menaruh perhatian besar terhadap para mahasiswa dan alumninya.  Baik menyangkut urusan pekerjaan maupun mendorong para mahasiswanya agar menjadi pengusaha. “Kami selalu menyemangati para mahasiswa BSI agar sudah bekerja sebelum wisuda, atau sudah menjadi pengusaha sebelum wisuda,” ujar Naba.

 Hal itu, Naba menambahkan,  sangat penting agar jangan sampai para lulusan BSI menambah jumlah pengangguran terdidik. “Kami berusaha mendorong dan memfasilitasi para alumni BSI agar mendapatkan pekerjaan. Namun kami akan lebih bangga lagi kalau makin banyak alumni BSI yang menciptakan pekerjaan alias menjadi wirausahawan,” tutur Naba.

Naba menyebutkan, BSI menyiapkan dua lembaga khusus untuk membantu para mahasiswa dan alumninya untuk mendapatkan pekerjaan maupun merintis jalan menjadi wirausahawan. “Untuk mereka yang ingin bekerja saat masih kuliah maupun setelah lulus kuliah kami menyiapkan BSI Career Center (BCC).  BCC aktif menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan secara rutin menggelar job fair,” ungkapnya.

Sedangkan untuk mahasiswa yang ingin merintis usaha bisnis sejak masih kuliah,  BSI menyediakan BSI Entrepreneur Center (BEC). “BEC aktif mendorong dan memfasilitasi para mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha sejak masih kuliah,” papar Naba Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement