Selasa 22 Nov 2016 20:39 WIB

Menteri Belanda Sambangi TPST Bantargebang

Rep: Kabul Astuti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pekerja di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.
Foto: Antara
Pekerja di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menteri Muda Infrastruktur dan Lingkungan Belanda Sharon Dijksma mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang Kota Bekasi dan tempat pengolahan sampah Waste4Change pada Selasa (22/11). Pemerintah Belanda ingin melihat langsung masalah sampah dan pengelolaannya di Indonesia.

Dalam kunjungan kali ini, Kementerian Lingkungan Belanda ditemani oleh Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji, Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi Moh. Ridwan, dan beberapa pihak terkait pengelolaan sampah. Bukan hanya kalangan kementerian Belanda, sekitar 30 pengusaha asal Belanda turut hadir dalam kunjungan ini.

"Masalah sampah ini bukan hanya masalah teknis, tapi sudah mengarah ke masalah sosial dan kesehatan. Yang harus dilakukan bagaimana kita melihat seluruh pihak yang ada, pemulung dan bandar sampah, menjadi satu sistem mengatasi masalah sampah yang lebih baik," ucap Sharon Dijksma, saat memberikan sambutan informal di Vida Bekasi, Selasa (22/11).  

Rombongan kementerian asal Belanda ini diajak berkeliling ke areal pengolahan kompos dan Instalasi Pengolahan Air Sampah (IPAS) TPST Bantargebang oleh Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji, didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis TPST Bantargebang Asep Kuswanto. Kementerian Lingkungan Belanda menjajaki kemungkinan kerjasama dalam hal pengolahan sampah di Indonesia.

Di TPST Bantargebang, Sharon Dijksma menyoroti keberadaan delapan ribu keluarga pemulung yang hidup di sana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menurut Sharon, itu masalah besar yang harus ditangani bersama oleh berbagai pihak. Sementara, Kepala Dinas Kebersihan DKI, Isnawa Adji menyampaikan, pemulung di sana akan dilindungi dengan asuransi.

Usai dari TPST, Sharon Dijksma mengunjungi lokasi pengolahan sampah Waste4Change di Vida Bekasi. Ia mengapresiasi sistem pengelolaan sampah bertanggung jawab yang sudah diterapkan selama dua tahun ini. Dengan banyaknya pihak yang memiliki visi sama, ia menyatakan, beragam kolaborasi dapat dilakukan bersama di masa depan.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji menerangkan kedatangan Sharon Dijksma untuk mengetahui kondisi pengelolaan sampah di TPST Bantargebang. "Mereka tadi sempat menyoroti tentang keberadaan pemulung di areal zona pembuangan. Kami jelaskan bahwa saat ini Pemprov DKI sedang menjalin kerjasama dengan Pemkot Bekasi untuk mengatasi segala masalah persampahan," ujar Isnawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement