Kamis 10 Nov 2016 18:01 WIB

Sebelas Jembatan Roboh Akibat Banjir di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi jembatan gantung roboh
Foto: Antara
Ilustrasi jembatan gantung roboh

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Sebanyak sebelas unit jembatan di Kabupaten Sukabumi roboh akibat diterjang banjir bandang. Dampaknya, akses warga di selatan Sukabumi terhambat.

Peristiwa jembatan ambruk ini terjadi pada Selasa (8/11) lalu. Belasan jembatan roboh tersebut berada di dua kecamatan yakni Curug Kembar dan Sagaranten. ‘’Dari hasil pendataan ada sebanyak sebelas unit jembatan yang roboh atau terputus,’’ terang Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Irwan Fajar kepada Republika.co.id Kamis (10/11).

Putusnya jembatan tersebut akibat banjir bandang melanda dua kecamatan. Dari sebelas jembatan yang roboh itu kata Irwan, sebanyak lima unit berada di Curug Kembar. Kelimanya adalah jembatan Cibolang akses jalan desa Curugkembar, jembatan Cinunggul akses jalan Desa Curkem, jembatan Poledang akses jalan Desa Nagrakjaya, jembatan Cihideung akses jalan Desa Sindangraja, dan jembatan Ciawi akses jalan Desa Sindangraja.

Sementara enam jembatan lainnya berada di Kecamatan Sagaranten. Jembatan itu yakni jembatan Cijeruk akses jalan Desa Cibitung, jembatan Nangkaleah akses jalan Desa Margaluyu, jembatan Warudoyong, jembatan Cirendon akses jalan desa, jembatan Cikadu akses jalan desa, dan jembatan Citarisi akses jalan desa Sinarbentang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sukabumi Usman Susilo menambahkan, BPBD telah mendatangi lokasi jembatan yang roboh. Pada saat itu BPBD membawa bantuan berupa beronjong dan karung.

Usman mengatakan, untuk di sejumlah titik lokasi jembatan roboh ada jembatan darurat yang dibuat oleh warga. Sehingga warga terutama pejalan kaki dan kendaraan roda dua bisa melintas untuk sementara waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement