Ahad 06 Nov 2016 00:52 WIB

Korindo Gelar Simulasi Pemadaman Api Antisipasi Karhutla

Pelatihan simulasi penanganan kebakaran hutan oleh Korindo Group, Sabtu (5/11).
Foto: istimewa
Pelatihan simulasi penanganan kebakaran hutan oleh Korindo Group, Sabtu (5/11).

REPUBLIKA.CO.ID, PAPUA -- Perusahaan Korindo Group menggelar latihan simulasi kebakaran bersama petugas dari Polres Boven Digoel, Satuan Yonif TNI, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Palang Merah Indonesia (PMI), Sabtu (5/11). Pelatihan dilakukan guna mengantisipasi adanya titik api pada musim kemarau tahun depan, di Boven Digoel, Papua. 

Komitmen pencegahan karhutla membuat Korindo Group membentuk Tim Siaga Api yang terdiri dari unsur masyarakat, seperti Damkar, TNI, Polri dan PMI.

 “Kami ingin meningkatkan awareness masyarakat dan instansi setempat tentang potensi risiko Karhutla serta metode penanggulangan dan penanganan yang efektif,” ujar Kepala Seksi Umum Korindo Group Satuman melalui keterangan pers, Sabtu (5/11).

Pada latihan simulasi ini, hampir sebanyak 300 personel dilibatkan bila terjadi Karhutla yang dapat saja disebabkan oleh faktor alam dan prilaku tidak sengaja, seperti api yang lupa dimatikan saat berburu juga membuang puntung rokok sembarangan.

Kegiatan simulasi dilakukan mulai dari pendeteksian titik api (hotspot), pengarahan tim pemadam, perjalanan menuju lokasi hingga penanggulangan Karhutla dan pemadaman api sesuai prosedur pengendalian. 

Tim Siaga Api memang dibentuk untuk memantau dan mencegah Karhutla serta membantu sosialisasi kepada seluruh masyarakat sehingga terwujud rasa aman dan nyaman di sekitar wilayah operasi Korindo Group di Papua. 

“Tim Siaga Api merupakan bagian dari kewajiban kami untuk menjaga wilayah Papua. Bukan hanya wilayah operasi kami, tetapi juga wilayah Boven Digoel secara keseluruhan,” tutur Satuman. 

 

 

Perwakilan dari Kepolisian Resor (Polres) Boven Digoel, Iptu Robert Sonwogono, menyatakan, latihan dan simulasi ini secara rutin dilakukan bersama Korindo Group. Dia juga selalu mengimbau masyarakat untuk bersama menjaga hutan Papua dari api. 

 

“Kami memang sudah bekerja sama secara rutin dengan Korindo Group untuk menggelar simulasi

 semacam ini. Kami juga sudah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat yang disampaikan pimpinan kami di tingkat Polda maupun Polres tentang pencegahan dan penanganan Karhutla,” ujar Robert.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement