Jumat 04 Nov 2016 20:16 WIB

Buya Syafii Apresiasi Aksi 4 November

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Ilham
Syafii Maarif
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Syafii Maarif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif mengapresiasi jalannya aksi demonstrasi yang berlangsung sejak pagi hingga malam ini. Menurut Buya Syafii, unjuk rasa yang berpusat di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta, itu berlangsung tertib.

Seperti diketahui, gelombang pengunjuk rasa itu mendesak agar Basuki Tjahaja Purnama segera diadili. Ahok dilaporkan telah menghina kitab suci umat Islam, Alquran.

Pelecehan yang dilakukan Ahok mengemuka setelah rekaman pidatonya dalam sebuah kunjungan kerja di Kepulauan Seribu tersebar luas. Namun, Buya meminta penghinaan dan penistaan itu benar-benar dikaji. "Pelajari betul-betul,” ujar Buya Syafii saat dihubungi, Jumat (4/11), malam.

Sejauh ini, proses hukum di kepolisian terkait kasus tersebut masih bergulir. Buya Syafii berharap, umat Islam bersabar. Dia ingin agar isu yang memecah-belah bangsa bisa dihindari. “Kita harus tetap bersikap adil,” katanya.

Usai waktu shalat maghrib, massa aksi demonstrasi yang menuntut penuntasan kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok, Jumat (4/11), akhirnya membubarkan diri secara bertahap. Sebagian dari mereka mulai bergerak meninggalkan kawasan ring satu Jakarta yang tadinya menjadi titik pusat digelarnya aksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement