Kamis 03 Nov 2016 22:22 WIB

Para Senator Serukan Penegakkan Hukum untuk Kasus Ahok

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Iqbal Parewangi
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Iqbal Parewangi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para Senator atau anggota dewan perwakilan daerah (DPD), dari berbagai daerah bersepakat memberikan dukungan terhadap gerakan umat Islam Jumat (4/11) besok. Para senator mendukung dan menuntut penegakan hukum terkait penistaan agama dan ulama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Senator asal Sulawesi Selatan, AM Iqbal Parewangi mengatakan, dukungan kepedulian tersebut tidak dilakukan dengan cara heboh-heboh pencitraan, sebagaimana kerap dilakukan sebagian politisi. Malah koordinasi dan persiapannya pun cenderung sunyi.

"Melalui aktivitas 'Peduli Islam Jayakan  Negeri', kami koordinasikan berbagai bentuk dukungan dari sejumlah senator RI terkait aksi menuntut penistaan agama dan ulama tersebut," ujarnya, Kamis (3/11).

Koordinasi itu termasuk ikut memfasilitasi jamaah dari daerah pemilihan masing-masing senator RI yang akan mengikuti aksi di Jakarta. Selain itu, seluruh staf dari masing-masing senator RI ditugasi untuk bersama-sama menyiapkan dukungan konsumsi yang akan mereka bagikan kepada peserta aksi demo 4 November.

Karena bertepatan dengan masa reses di daerah pemilihan, para senator RI itu juga aktif mensosialisasikan pentingnya menjaga bangsa dan negara Indonesia dari segala bentuk penistaan. Termasuk penistaan agama dan ulama sebagaimana yang dilakukan oleh Ahok.

Iqbal mengatakan para senator RI yang terlibat dalam aktivitas 'Peduli Islam Jayakan Negeri' berkomitmen untuk bersama-sama hadir pada aksi 4 November di Jakarta. Rata-rata mereka akan tiba di Jakarta 4 November pagi dan langsung menuju Masjid Istiqlal. Setelah itu langsung kembali lagi ke daerah pemilihan masing-masing untuk melanjutkan reses.

Dia menegaskan bahwa aktivitas 'Peduli Islam Jayakan Negeri' ini merupakan dukungan kepedulian secara pribadi dari masing-masing senator. "Jadi bukan lembaga, tapi murni pribadi senator. Termasuk pendanaan konsumsi dan bantuan lainnya. Itu urunan dari dompet masing-masing. Tidak sepeser pun dana lembaga yang digunakan dalam aktivitas kepedulian ini. Semua infak pribadi masing-masing," katanya.

Para senator RI yang terlibat dalam aktivitas 'Peduli Islam Jayakan Negeri', yaitu AM Iqbal Parewangi (Sulsel), Juniwati Masjchun Sofwan (Jambi), GKR Ayu (Jateng), Ahmad Subadri (Banten), Iskandar Muda Baharuddin Lopa (Sulbar), Denty Eka WP (Jateng), Emma Johanna (Sumbar), Afnan Hadikusumo (Yogya), Baiq Diyah, Ratu Ganefi (NTB), Anna Latuconsina (Maluku) dan Daryati Uteng (Jambi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement