Kamis 03 Nov 2016 08:27 WIB

#GerakanKoinAniesSandi Jadi Trending Topic Twitter

Rep: c62/ Red: Damanhuri Zuhri
Calon Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) berbincang bersama Bakal Cawagub Sandiaga Uno
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Calon Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) berbincang bersama Bakal Cawagub Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan masyarakat untuk pasangan calon dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 Anies-Sandi semakin menguat. Koordinator Sahabat Anies-Sandi Anggawira mengatakan, antusiasme masyarakat akar rumput kian tinggi, hal ini tampak dari semangat mereka dalam menggalang dukungan untuk menyukseskan kampanye Anies–Sandi lewat #GerakanKoinAniesSandi.

Gerakan ini bahkan mulai menjadi viral di media digital hingga masuk dalam daftar trending topic Twitter Indonesia. “Alhamdulillah, dukungan untuk Anies-Sandi dari akar rumput semakin kuat. Antusiasme mereka untuk menyukseskan dan menangkan pasangan Anies-Sandi kian mantap,'' kata Anggawira lewat siaran persnya yang diterima Republika, Kamis (3/11).

Anggawira menambahkan, ''Antusiasme masyarakat terlihat dari semangat mereka dalam menggalang dukungan lewat #GerakanKoinAniesSandi yang berhasil menjadi top trending topic di Twitter. Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kerjasama seluruh pendukung dan relawan untuk calon pemimpin baru Jakarta,” jelas Anggawira.

Anggawira mengatakan kebanyakan “cuitan” netizen berisi tentang dukungan mereka terhadap Anies-Sandi dan berbentuk imbauan kepada warga Jakarta untuk ikut mensukseskan gerakan ini.  Anggawira menilai, seluruh dukungan ini tak lepas dari upaya Anies-Sandi untuk menggugah warga Jakarta dalam memilih calon pemimpin.

Menuru Juru Bicara Tim Pemenangan Anies-Sandi itu menyebutkan, bahwa pasangan calon ini sangat memprioritaskan masyarakat akar rumput agar bisa hidup sejahtera di ibu kota dan menjunjung hak-hak mereka sebagai warga Jakarta. 

“Dukungan ini tidak lepas dari upaya Mas Anies dan Bang Sandi dalam menbuka mata warga Jakarta mengenai pemimpin baru Jakarta yang punya solusi kongkrit atas permasalahan mereka. Misalkan menjami kestabilan harga bahan pokok, dan membuka lapangan pekerjaan yang banyak. Itu yang menjadi konsen kami," tegasnya

Gerakan ini dijelaskan Anggawira, merupakan bentuk dukungan sukarela. Dimana, masyarakat pendukung boleh menyumbang sesuai kempampuan atau keinginan. Dana yang akan disumbang dapat diantarkan langsung ke posko-posko Anies-Sandi atau transfer ke rekening dana kampane. Jumlah dana dan nama penyumbang akan langsung didata, dan langsung dikirimkan ke dana kas kampanye.

“Gerakan koin Anies Sandi ini bersifat sukarela. Masyarakat bebas menyumbang dana semampu mereka. Dana yang telah terkumpul seluruhnya akan digunakan untuk keperluan kampanye. Mulai dari dana operasional selama masa kampanye, kegiatan sosialisasi warga, logistik, dan lainnya. Kita taat pada peraturan yang ada," tuturnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta melaporkan dana awal kampanye Anies-Sandi mencapai Rp 407,5 juta.  Dan ini merupakan jumlah terbesar bila dibandingan calon lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement