Rabu 02 Nov 2016 09:24 WIB

Menembus Lorong Waktu di Festival Jajajan SD

Rep: Kabul Astuti/ Red: Andi Nur Aminah
Aneka makanan jadul
Foto: MGROL77
Aneka makanan jadul

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sekelompok anak muda mengadakan Festival Jajanan SD di Mall Blu Plaza, Kec Bekasi Timur, Kota Bekasi, akhir pekan kemarin. Festival ini menjadi ajang reuni anak-anak generasi 90-an yang kangen dengan jajanan mereka semasa SD, tapi tak mungkin lagi menyambangi SD-SD hanya untuk mencari sebatang lolipop.

Festival jajanan SD ini berlangsung di Mall Blu Plaza, Kota Bekasi selama dua hari pada 29 hingga 30 Oktober, akhir pekan kemarin. Ketua Festival Jajanan SD, Faris Alexander, mengatakan festival ini mengambil tema 'Merah Putih Bercerita'. Merah putih tidak lain merupakan seragam anak SD.

"Segmentasi kami pada generasi 90-an. Soalnya enggak mungkin kan generasi 90-an sengaja datang ke SD nyari makanan favoritnya dia. Jadi kita mewadahi. Kita kumpulin pedagang di sini," tutur Faris Alexander kepada Republika.co.id, akhir pekan kemarin.

Ada 26 tenant makanan dan tujuh ragam permainan yang disiapkan dalam festival tersebut. Antara lain, ayam tepung, rambut nenek, telur gulung, martabak telur, perahu otok-otok, unyil, bepe-bepean, panggal, mie sakura, dan puluhan jajanan lain. Mencecap aneka jajanan itu, rasanya lorong waktu langsung hadir membawakan kenangan semasa SD.

Selain festival jajanan dan mainan, ada juga acara pendukung untuk memeriahkan acara, seperti pentas komunitas dan gim. Hujan yang mengguyur Kota Bekasi membuat jumlah pengunjung hari pertama tidak terlalu ramai, namun pada hari kedua tampak pengunjung ramai hilir mudik mencicip jajanan.

Alex mengatakan, festival jajanan SD ini rencananya bakal diadakan tiap tahun di tempat yang berbeda-beda. "Kebanyakan yang datang generasi 90-an. Yang sekarang sudah pada kuliah. Ada juga orang tua yang datang, mengajak anaknya mau ngenalin ini mainan papa-mama zaman dulu. Anak sekarang kan pada main tab," imbuh Alex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement