Jumat 28 Oct 2016 02:36 WIB

Banjir dan Longsor di Sarolangon, Satu Orang Hilang

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Winda Destiana Putri
Banjir
Foto: Dok: PKPU
Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir dan longsor akibat hujan deras terjadi di Desa Bukit Berantai dan Desa Simpang Narso, Kecamatan Batangsai Kabupaten Sarolangon, Jambi, Kamis (27/10) dinihari. Satu orang hilang atas nama Mat Bisar, laki-laku usia 50 tahun akibat bencana tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, banjir dan longsor terjadi karena intensitas hujan yang tinggi. Sehingga mengakibatkan banjir terjadi setinggi 4 cm.

Selain satu orang hilang, banjir dan longsor menyebabkan kerugian materil antara lain, 45 rumah terendam banjir di Desa Bukit Berantai. Satu unit kantor desa dan satu PAUD mengalami rusak berat dan satu Masjid rusak. "15 hektar sawah terendam, jalan utama tertimbun longsor,” ujar Sutopo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika, Kamis (27/10).

Berbagai upaya dilakukan warga setempat bersama BPBD setempat. Warga melakukan pembersihan dengan menggunakan peralatan seadanya. BPBD langsung menerjunkan tim reaksi cepat guna melakukan pendataan.

Kendati demikian, tim mengalami beberapa kendala karena jalan utama tertimbun longsor. Akibatnya jalur tidak dapat dilalui tim reaksi cepat BPBD dan kendaraan roda empat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement