Rabu 19 Oct 2016 20:36 WIB

Anissa Pohan Ajak Masyarakat Lestarikan Batik Betawi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Agus Harimurti Yudhoyono didampingi istrinya Annisa Pohan
Foto: Antara
Agus Harimurti Yudhoyono didampingi istrinya Annisa Pohan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan mengajak masyarakat Jakarta untuk bisa melestarikan warisan budaya lokal yaitu batik betawi.

Ia mengaku kesulitan untuk mendapatkan batik betawi. Itu tak lain karena menurutnya, batik betawi tidak sebanyak batik daerah lain.

"Jadi memang saya memang sempet agak kesusahan mencari batik betawi karena tidak sebanyak batik daerah lain," kata Annisa saat mendampingi suaminya mengunjungi Sentra Batik Betawi di Jalan Terogong III, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (19/10).

Selain itu, kata Annisa, motif batik betawi yang ada saat ini tergolong baru. Padahal, menurutnya, desain batik tradisional yang telah diwariskan oleh orang tua-orang tua yang ada di Jakarta, mestinya bosa dilestarikan dan dikembangkan.

"Kita akan kembangkan lagi mungkin desain-desainnya tetep dengan tradisonalnya. Sekarang jarang sekali ditemukan tradisonal asli, yang sekarang banyak itu yang (motif) ondel-ondel atau monas, itu kan bukan tradisonal asli," jelasnya.

Annisa berharap, ke depan, Masyarakat Jakarta bisa benar-benar menjaga dan mengembangkan batik betawi beserta motif tradisionalnya. Sehingga, batik betawi yang beredar di pasaran bisa dipakai semua kalangan, tak terkecuali anak muda.

"Harapan saya ke depannya kami semua bisa bersama-sama membesarkan lagi batik betawi dan bisa dipake anak-anak muda," ucap Annisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement