Ahad 16 Oct 2016 02:12 WIB

Soekarwo Dianugerahi Penghargaan dari BNPB

Rep: Fuji EP/ Red: Angga Indrawan
Gubernur Jatim Soekarwo.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Gubernur Jatim Soekarwo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganugerahkan penghargaan Pengabdian Insan Kemanusiaan atau Dharma Widya Argya kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Soekarwo. Anugerah diberikan pada acara Tangguh Award 2016. Dia terpilih karena kepemimpinannya saat menghadapi bencana dinilai baik.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Soekarwo terpilih dan mendapatkan penghargaan dengan kategori Pengabdian Insan Kemanusiaan. Dia terpilih karena kepedulian dan kepemimpinannya terhadap warga yang terdampak bencana.

"Khususnya pascabencana erupsi Kelud 2014 lalu," kata Sutopo kepada Republika, Sabtu (15/10).

Ia menerangkan, menjelang erupsi eksplosif Gunung Kelud, sekitar 80 ribu orang dapat melakukan evakuasi masif dan penanganan darurat. Berbagai pihak pun dikomando dengan baik waktu itu.

Menurutnya, proses rehabilitasi dan rekonstruksi juga berjalan lancar pascabencana erupsi. Sutpo menegaskan, dalam upaya penanggulangan bencana membutuhkan karakter kepemimpinan yang baik. Pemimpin yang mampu menggerakan semua komponen pelaku kebencanaan dan masyarakat. 

"Hal ini ditunjukkan secara konkret melalui figur yang dikenal dengan Pakde Karwo," ujarnya.

Selain penghargaan khusus yang diberikan kepada Gubernur Jawa Timur, BNPB juga memberikan penghargaan empat kategori lain. Yakni, Tokoh Inspiratif, Website Terbaik, Pusdalops Terbaik dan Pengelolaan Data Bencana Terbaik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement