Sabtu 15 Oct 2016 17:02 WIB

Yuk, Cicipi Pepaya Merah Delima di Festival Buah Nusantara

Pepaya merah delima.
Foto: balitbangtan
Pepaya merah delima.

REPUBLIKA.CO.ID,​ JAKARTA -- Festival Buah dan Sayur Lokal di Pondok Indah Mall yang digelar sejak 13-23 Oktober menampilkan pepaya merah delima (MD). Pepaya MD ini merupakan hasil inovasi Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) di Solok.

Bertanam buah pepaya di areal 1 ha dengan banyaknya tanaman 1000 pohon rata-rata akan menghasilkan buah pepaya 60 ton/ha/tahun. Masa semai jika bertanam nilai dari biji 3-4 pekan. Setelah itu panen pertama sekitar 8-9 bulan. Umur per pohon bisa mencapai 2,5 hingga 3 tahun. Buahnya bisa dibeli mulai dari Rp 4.000-5.000 per butir di kebun.

Petani diajak langsung untuk mengikuti festival ini. Aman Suryaman, salah seorang petani menuturkan dari hasil menanam pepaya, dia berhasil mengantongi hasil panennya Rp 4 juta per pekan. Kebun Aman berada di Desa Sri Rahayu Kec. Cikancung Majalaya, Bandung.

Keunggulan pepaya MD adalah Daging buah lebih tebal berbentuk bintang jika dipotong. Saat ini, pepaya MD sudah ditanam di Cianjur, Sukabumi, Nagreg, Subang, Probolinggo, Pasuruan, Malang dan segera akan segera ditanam di Pamulang. Masih ada waktu bagi Anda yang ingin membeli pepaya MD ini. Dengan membeli langsung dari petani, uang dari pembeli dijamin langsung masuk kantong petani dan bukan tengkulak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement