Sabtu 15 Oct 2016 15:59 WIB

Ini Empat Bidang Paling Banyak Terjadi Pungli

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bayu Hermawan
Pungli (ilustrasi)
Foto: obrolanbisnis.com
Pungli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III Abu Bakar Alhabsi mengaku mendapat data hasil temuan dari Ombudsman yang menunjukkan adanya empat bidang yang diidentifikasi paling banyak terjadi pungli. Dua di antaranya terkait dengan kepolisian.

"Empat ini dari lembaga pemasyarakatan, imigrasi (keduanya di bawah Kemenkumham), pembuatan SIM dan penindakan tilang (keduanya di bawah kepolisian). Semua ini mitra kami (Komisi III) semua," katanya dalam sebuah diskusi bertajuk 'Pungli, Retorika dan Realitas' di Jakarta, Sabtu (15/10).

Ia mengapresiasi aksi kepolisian melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kementerian Perhubungan. Namun, Abu menyindir Korps Bhayangkara untuk melakukan pembersihan di internalnya yang masih banyak terjadi pungli.

"Semut di seberang lautan tampak jelas, gajah di pelupuk mata tak kelihatan. Pungli di kantor sebelah sudah diberantas, pungli di rumah sendiri masih aman," ujarnya.

Dalam OTT yang dilakukan di Kemenhub, kepolisian menangkap enam orang dan telah menetapkan tiga tersangka. Ketiganya merupakan petugas Kemenhub. Ketiga PNS tersebut adalah Endang Sudarmono, Meizy dan Abu Rasyid.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement