Sabtu 15 Oct 2016 10:05 WIB

Jokowi Resmikan Masjid Apung Oesman Al Khair

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Andi Nur Aminah
Masjid Apung Oesman Al Khair di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat
Foto: Youtube
Masjid Apung Oesman Al Khair di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat

REPUBLIKA.CO.ID, KAYONG UTARA -- Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid Oesman Al Khair yang berlokasi di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (15/10). Masjid apung yang dibangun sejak 2012 tersebut telah menjadi ikon baru Kabupaten Kayong Utara.

Tiba sekitar pukul 08.30 WIB, Presiden nampak mengenakan baju koko warna putih dan peci hitam. Ia hadir didampingi Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Presiden membubuhkan tanda tangan di sebuah batu prasasti sebagai tanda diresmikannya Masjid Oesman Al Khoir. Jokowi kemudian meninjau area utama masjid dan melakukan shalat sunnah dua rakaat. "Masjid Oesman Al Khair, masjid terapung yang kalau kita lihat ke arah laut sangat indah, sangat megah sekali. Alhamdulillah," ucap Jokowi.

Masjid yang dapat menampung 3.000 jamaah itu memang dibangun tepat di atas laut. Ia berdiri di atas pondasi yang ditanam sedalam 23 meter di dasar laut.

Masjid Oesman Al Khoir mengadopsi gaya arsitektur Maroko. Adapun kaligrafi yang menghiasai interior masjid didesain oleh imam Masjid Agung Yogyakarta. Semua bagian dari rumah ibadah umat Islam tersebut dicat putih. Jika sore hari, jamaah dapat menyaksikan keindahan mata hari terbenam dari masjid apung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement