Kamis 13 Oct 2016 17:38 WIB

Cuaca Esktrem, Masyarakat Diminta Waspadai Berbagai Penyakit

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Angga Indrawan
Pengasapan untuk mencegah penyakit demam berdarah. DBD termasuk salah satu KLB.
Foto: Antara
Pengasapan untuk mencegah penyakit demam berdarah. DBD termasuk salah satu KLB.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Cuaca ekstrem dengan tingkat curah hujan yang tinggi tak hanya bisa menyebabkan berbagai bencana. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanegara, Ahyani Raksanegara, masyarakat pun harus waspada dengan berbagai penyakit.

"Kan dalam cuaca ekstrem ini, yang diserang daya tahan tubuh karena harus beradptasi dengan hujan," ujar Ahyani kepada wartawan, Kamis (13/10).

Ahyani mengatakan, beberapa penyakit yang harus diwaspadai di antaranya, saluran pencernaan, saluran pernafasan, diare, Ispa, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya. "Vektornya, di musim hujan ini lebih banyak jadi harus waspada," katanya. 

Menurut Ahyani, penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut. Ini karena biasanya di musim penghujan jentik nyamuk akan banyak berkembang. 

Untuk menghindari nyamuk ini, kata dia, masyarakat harus terus melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dengan 3 M. Masyarakat pun, harus terus menjaga kebersihan lingkungannya.‬ "Nyamuk ini biasanya akan menggigit di siang hari. Jadi, salah satu pencegahan bisa dengan memakai krim anti nyamuk," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement