Rabu 12 Oct 2016 18:33 WIB

Pekan Inovasi Teknologi Dorong Hilirisasi Riset

Inovasi. Ilustrasi
Foto: ipdigit.eu
Inovasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendorong hilirisasi hasil riset dengan menggelar Pekan Inovasi Teknologi (PIT) 2016 bertempat di Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/10).

"Pekan inovasi teknologi salah satunya sebagai wahana interaksi antara teknologi provider (LIPI, Balitbang, perguruan tinggi) dengan stakeholder atau dunia bisnis," kata Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain, di Bogor, Rabu.

Pekan inovasi teknologi merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh LIPI, sebagai salah satu wujud komitmen memacu peningkatan daya saing nasional. Ia mengatakan, berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan LIPI telah menghasilkan beragam capaian yang signifikan.

"Beragam capaian ini diharapkan mampu termanfaatkan secara maksimal oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas," katanya.

Menurutnya, PIT juga menjadi wadah pertukaran informasi ilmiah dan inovasi yang jadi prioritas. "Inovasi sebagai sarana peningkatan pemahaman, tentang ahli, agar pemahaman bisa jadi penggerak bagi dunia usaha," katanya.

Iskandar menambahkan, PIT LIPI diharapkan, mendekatkan akademisi dan industri untuk memberikan keuntungan, melahirkan lapangan kerja, dan meningkatkaan penghasilan masyarakat.

PIT kali ini diisi dengan serangkaian kegiatan, antara lain The 1st Indonesia International Conference on Science and Technology Park (IICSTP), seminar nasional Technoppreneurship dan Alih Teknologi ke-2, pameran hasil Litbang dan Perusahaaan Pemula berbasis teknologi (PPBT), knowledge sharing dan talkshow buku Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global.

Selain itu, juga sosialisasi kementrologi untuk industri dan akademisi, ekpose teknologi, dan launching produk, sosialisasi ISO 9001-2015 untuk usaha kecil menengah, serta workshop pengelolaan terbitan berkala ilmiah dan akses informasi ilmiah dan disain kemasan produk industri kecil menengah (IKM).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement