Rabu 12 Oct 2016 14:28 WIB

Bebas Visa, Wisatawan Asing ke Lampung Meningkat

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Perairan Pulau Pahawang, Lampung, juga dipenuhi terumbu karang yang indah. Pemandangan bawah laut Pulau Pahawang tidak kalah mengagumkan dengan tempat-tempat snorkling lainya di Nusantara.
Foto: Republika/Prayogi
Perairan Pulau Pahawang, Lampung, juga dipenuhi terumbu karang yang indah. Pemandangan bawah laut Pulau Pahawang tidak kalah mengagumkan dengan tempat-tempat snorkling lainya di Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sejak diberlakukannya bebas visa sejumlah negara pada 2 Maret lalu, jumlah kunjungan wisatawan asing ke wilayah Lampung mengalami peningkatan. Dua destinasi wisata di Lampung menjadi andalan wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung.

“Ya benar berita itu (bebas visa), karena dua destinasi wisata Lampung saat ini menjadi tujuan wisatwan Nusantara dan mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek) Lampung, Khoiriyah Pandarita kepada Republika.co.id di Bandar Lampung, Rabu (12/10).

Meningkatnya jumlah wisman ke tempat wisata Lampung, menurut dia, salah satunya kemudahan dari pemerintah yakni adanya bebas visa. Dua destinasi wisata andalan Lampung, yakni Pantai Tanjung Setia dan Pulau Pawahang atau Teluk Kiluan, menjadi tujuan utama wisman.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, yang disiarkan pada 3 Oktober lalu, menyebutkan jumlah wisawatan asing yang berkunjung dan menginap di berbagai hotel dan akomodasi lainnya terjadi peningkatan. Jumlah tamu asing selama Agustus 2016 sebanyak 750 orang, mengalami peningkatan dibandingkan bulan Juli sebesar 2,21 persen.

Ia mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengajak korporat mengembangkan potensi tiga destinasi wisata terkenal di Provinsi Lampung. Tiga destinasi wisata tersebut membutuhkan penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana untuk menunjang kepariwisataan Lampung.

Tiga destinasi wisata yang akan dikembangkan tersebut yakni Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran, Teluk Kiluan di Kabupaten Tanggamus, dan Pantai Tanjung Setia di Kabupaten Pesisir Barat. Menurut dia, gubernur sudah mengajak perusahaan industri yang tergabung dalam forum corporate social responsibility (CSR) Lampung berpartisipasi mengembankan tiga destinasi wisata andalan tersebut.

Wisata Teluk Kiluan di Kabupaten Tanggamus, menyajikan panorama pantai, laut, dan perbukitan yang eksotik. Tempat ini juga menjadi lahan untuk melihat langsung lumba-lumba berkejar-kejaran termasuk keindahan alam bawah laut.

Sedangkan di Pantai Tanjung Setia, yang sudah terkenal di manca negara dengan ombaknya yang tinggi dan menantang dalam berselancar, masih membutuhkan perbaikan sarana dan prasarana termasuk fasilitas publiknya.  Promosi pariwisata yang ada di wilayah Lampung ke depan akan berbasis teknologi informasi (IT/information technology). Pariwisata berbasis IT tersebut dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Lampung dari berbagai Nusantara dan manca negara.

Ia mengatakan pembangunan sektor pariwisata di Lampung tidak hanya mengandalkan destinasi semata, namun harus menyajikan kemudahan dan kenyamanan seseorang berwisata. Untuk itu, promosi melalui IT dapat memudahkan wisatawan berkunjung ke Lampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement