Rabu 05 Oct 2016 21:47 WIB

Karnaval HUT Yogya, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup Lima Jam

Rep: Yulianingsih/ Red: Israr Itah
Karnaval HUT Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: Antara
Karnaval HUT Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kota Yogyakarta akan menggelar karnaval untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-260, Jumat (7/10). Karnaval malam hari bertajuk Wayang Yogya Night Carnival ini akan mengambil rute dari Jalan Jenderal Soedirman-Tugu dan berakhir di Jalan Margo Utomo atau Jalan Mangkubumi.

Terkait acara tersebut, sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta akan ditutup 5 hingga 6 jam. "Penutupan jalan akan diimulai pukul 17.30 WIB hingga 22.00. WIB," ujar Kabid Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Sugeng Sanyoto, Rabu (5/10).

Sejumlah jalan yang akan ditutup terkait kegiatan tersebut menurutnya adalah Jalan Jenderal Soedirman, Jalan Ahmad Jazuli, Jalan Faridan M Noto, Jalan  Dewa Nyoman Oka, Jalan Diponegoro, Jalan Margo Utomo (Mangkubumi), Jalan Gowongan Lor, dan Jalan Siti Sewu. 

Untuk kelancaran dan ketertiban kegiatan tersebut pihaknya menerjunkan 480 personel pengamanan yang merupakan gabungan dari aparat kepolisian, Dinas Ketertiban, Dinas Perhubungan dan Paksi Katon (pengamanan masyarakat).

 

"Bagi masyarakat yang ingin melihat karnaval, ada beberapa tempat parkir yang bisa diakses antara lain di Utara Pasar Kranggan, Lapangan Timur Gerai Makanan Cepaat Saji di Jalan Jenderal Soedirman dan di Jalan Diponegoro," katanya.

Karena rute awal karnaval dari Jalan Jenderal Soedirman ke arah Tugu maka daerah Kotabaru akan menjadi titik persiapan peserta karnaval. Titik persiapan akan dilakukan di Jalan Faridan M Noto, Jalan I Dewa Nyoman Oka dan Jalan Ahmad Jazuli.

Sebagai akibat penutupan sejumlah ruas jalan karena digunakan untuk karnaval, maka ruas jalan yang menuju jalur karnaval tersebut akan dialihkan arus lalu lintasnya.

Kabid Lalulintas Polresta Kota Yogyakarta, Tugiman mengatakan, beberapa arus lalu lintas yang dialihkan adalah jalan-jalan simpang menuju arah jalur karnaval.

"Seperti yang menurut Jalan Soediirman akan kita alihkan arusnya ke Utara dan Selatan di perempatan Gramedia," ujarnya.

Sementara arus lalu lintas menuju Jalan AM Sangaji akan dikurangi dari sisi Selatan. Jalan Bumijo juga dialihkan, arus lalulintas ke Kotabaru dari Selatan dialihkan ke Jalan Abu Bakar Ali, dan arus lalulintas ke Jalan Soedirman dari Utara dialihkan ke daerah Pingit.

"Ini harus menjadi perhatian masyarakat agar tidak terjebak dalam kemacetan," ujarnya.

Kabid Promosi Wisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarra, Yetti Martanti mengatakan, karnaval budaya malam hari ini akan menjadi agenda tahunan memperingati HUT Kota Yogyakarta. "Tahun ini temanya wayang, semua peserta akan tampil sebagai tokoh pewayangan. Ini street art carnival," ujarnya.

Peserta karnaval merupakan perwakilan dari 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Setiap kecamatan akan mengirmkan 50-100 peserta. Mereka akan menggunakan kostum tokoh wayang dengan tema sendiri-sendiri. 

Karnaval ini akan dibuka dengan kereta Bhagawat Gita yang ditumpangi Arjuna dan Sri Kresna sebagai kusirnya. Karnaval ditutup dengan Gunungan dan tokoh wayang Dewi Sri.

Pihaknya sudah menggaandeng beberapa agen perjalanan agar karnaval ini menjadi tontonan para wisatawan di Yogyakarta. Panggung utama untuk pejabat dan tamu akan di letakkan di dekat Tugu Yogyakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement