Ahad 02 Oct 2016 14:15 WIB

Akun Twitter BPBD DKI Jakarta Diretas

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Bilal Ramadhan
Akun Twitter BPBD DKI Jakarta yang diretas, Ahad (2/10).
Foto: Twitter
Akun Twitter BPBD DKI Jakarta yang diretas, Ahad (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akun Twitter resmi milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta diretas oleh orang tak dikenal. Berdasarkan pantuan pada Ahad (2/10) pukul 13.20 WIB, tampilan akun dengan nama @BPBDJakarta itu tampak berbeda dari biasanya.

Logo resmi BPBD DKI yang sebelumnya dijadikan sebagai foto profil akun instansi tersebut, kini telah diganti sang peretas dengan gambar salah satu tokoh kartun di serial Spongebob Squarepants. Tak hanya itu, semua cuitan yang pernah diunggah oleh @BPBDJakarta sebelumnya juga lenyap tak berbekas.

Menanggapi kejadian tersebut, BPBD DKI Jakarta lewat akun Facebook-nya meminta kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati jika menerima informasi yang mengatasnamakan akun Twitter @BPBDJakarta.

"Kami masih terus berupaya memperbaiki akun Twitter tersebut," tulis Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi DKI lewat pernyataan resminya, Ahad (2/10).

Peretasan akun media sosial milik BPBD DKI Jakarta tersebut mendapat reaksi beragam dari sejumlah pengguna media sosial. Salah satunya seperti yang diutarakan oleh Yongki Solendra melalui akun Twitter pribadinya, @yongkiisolendra.

"Sekarang lagi musim pilkada, eh muncul juga musim hacker di #Videotron. Kemaren situs DPRD Sidoarjo sekarang #BPBDJakarta, huft," cuitnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement