Sabtu 01 Oct 2016 06:21 WIB

Pertamax Turbo Diluncurkan di Jawa Timur

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas SPBU melayani konsumen yang mengisi kendaraan dengan Pertamax.
Foto: Antara
Petugas SPBU melayani konsumen yang mengisi kendaraan dengan Pertamax.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pertamina meluncurkan pertamax turbo, produk bahan bakar minyak (BBM) terbaru dengan nilai oktan 98 untuk diedarkan di Jawa Timur. Peluncuran dilakukan di sela-sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2016 di Grand City, Jumat (30/9).

Untuk tahap awal, produk ini akan dipasarkan di 14 SPBU masing-masing empat SPBU di Surabaya, satu SPBU di Sidoarjo dan sembilan SPBU di Malang. Produk yang dijual seharga Rp 8.800 per liter ini bakal menggantikan Pertamax Plus yang memiliki nilai oktan 95.

Jawa Timur menjadi lokasi kedua pemasaran pertamax turbo. Sebelumnya, pertamax turbo diluncurkan juga bertepatan dengan GIIAS Jakarta pada 11 Agustus 2016. Sejak diluncurkan tersebut, volume penjualan pertamax turbo di Jakarta 50 persen di atas pertamax plus.  

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang menjelaskan Pertamina menciptakan pertamax turbo untuk menjawab perkembangan teknologi mesin kendaraan yang kini semakin canggih. Kondisi ini membuat tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

Ia menambahkan, pertamax turbo merupakan BBM berkualitas tinggi yang diformulasikan Pertamina bekerja sama dengan Lamborghini dan telah diuji di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa. Sebelum masuk di Indonesia, produk ini telah dijual di Eropa dengan harga 0,22 euro per liter, sedikit di bawah produk dari pesaing lainnya yang dijual seharga 0,25 euro per liter.

"Saat penerapan Euro 4 nanti, minimal nilai oktan 91. Sehingga nanti saat Euro 4 berlaku, pertalite akan dinaikkan nilai oktannya menjadi 91, dan Pertamax dinaikkan oktannya menjadi 93 atau 95," kata dia.

General Manager Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono menambahkan, Pertamina terus berupaya memperluas pemasaran pertamax turbo. Setelah diluncurkan di Surabaya, selanjutnya pertamax turbo akan tersedia di beberapa kota besar lain di wilayah Jatimbalinus.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement