Jumat 30 Sep 2016 16:51 WIB

Ini Bacagub Sumsel Terpopuler di Medsos

Herman Deru
Foto: Antara
Herman Deru

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sejumlah lembaga sudah mulai membedah para bakal calon gubernur Sumatra Selatan di Pilgub 2018. Salah satu lembaga yang melakukan kajian tersebut adalah Pusat Kajian Demokrasi Digital (PusKaDD) Cabang Sumsel.

Lembaga ini mengkaji hiruk pikuk kampanye para bakal calon kepala daerah di sosial media. Salah satu yang dikaji adalah demokrasi digital di Sumsel menjelang pilgub Sumsel 2018.

 

Muhammad Rizky, Sekretaris Pelaksana PusKaDD Sumsel menjelaskan, pihaknya melakukan monitoring sosial media khususnya terkait aktivitas para bacagub Sumsel 2018 di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Path, hasilnya cukup menarik.

 

Rizky menjelaskan dari 10 tokoh yang dimonitor aktivitas akun pribadi maupun pendukungnya dapat disiimpulkan Herman Deru merupakan tokoh yang mendominasi jagat maya Sumsel. Daily buzz Herman Deru di twitland bahkan jauh di atas gubernur pejawat Alex Noerdin.

Herman Deru juga merupakan tokoh yang paling sedikit mendapatkan sentimen negatif. "Monitoring sosmed ini menggunakan mesin, memakai sistem, jadi tak ada unsur diarahkan atau human error. Semua real dan real time," ujar Rizky dalam keterangannya, Jumat (30/9).

 

Sementara hasil monitoring di facebook juga menempatkan Herman Deru sebagai tokoh yang paling banyak diperbincangkan. "Akun-akun yang berafiliasi dengan Herman Deru paling banyak mendapatkan respon publik dan perbincangannya terjadi secara real antarakun manusia bukan robot," ujar Rizky. Ia menerangkan fenomena penggunaan media sosial sebagai media kampanye amat baik bagi perkembangan demokrasi di Sumsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement