Selasa 27 Sep 2016 20:21 WIB

Pemilih Pemula akan Lihat Ide dari Cagub-Cawagub DKI

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Angga Indrawan
Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub DKI 2017.
Foto: Republika/Mardiah
Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub DKI 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari CSIS, Philips Vermonte, mengatakan, pemilih pemula akan menentukan pilihannya berdasar ide dan gagasan dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kontestan pilkada DKI untuk menggaet suara mereka.

"Yang penting buat anak muda itu jamannya ide, mereka akan senang dengan ide-ide yang komprehensif dan maju," kata dia saat dihubungi, Selasa (27/9).

Menurut Philips, pemilih pemula hari ini sangat melek dengan informasi, apalagi anak muda Ibukota. Anak muda atau pemilih pemula sangat menantikan gagasan-gagasan segar dan program-program dari pasangan calon terkait pemerintahan.

Sayangnya, menurut dia, partai politik tak menangkap arus pemilih pemula yang jumlahnya cukup signifikan ini. Namun, di sisi lain para calon gubernur yang bertanding relatif berusia muda.

"Jadi ini tantangan tersendiri bagi parpol pengusung dan para calon untuk mendapat suara mereka," ujar dia.

Philips menambahkan, pemilih pemula ini tak akan satu suara untuk memilih pasangan tertentu. Sebab, menurutnya, para anak muda punya cara berpikir dan menyelesaikan masalah masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement