Ahad 25 Sep 2016 22:37 WIB

Hujan Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Cililitan Terendam Banjir

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Hazliansyah
Banjir
Foto: Dok: PKPU
Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan lebat yang mengguyur wilayah Jakarta pada Ahad malam (25/9) menyebabkan puluhan rumah warga di Jalan Mandala V RT 05/01 Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, terendam banjir. Menurut penuturan warga, ini adalah pertama kalinya permukiman tersebut tergenang banjir dengan ketinggian hampir satu meter.

Suhenda (48), salah satu warga RT 05/01 mengatakan, ini memang perdana permukimannya dilanda banjir. Sebelumnya, menurut dia, sederas apapun hujan mengguyur Jakarta, permukimannya tak pernah terendam banjir.

"Sudah puluhan tahun saya di sini, ini pertama kalinya banjir," tuturnya kepada Republika.co.id.

Ia menerangkan, banjir terjadi karena luapan kali yang berada di dekat permukimannya. "Tapi saya belum tahu pasti kenapa kali ini tak mampu menampung debit air," ujar Suhenda.

Pengakuan serupa dituturkan Risyanso (60). Dia mengaku telah tinggal di permukiman Jalan Mandala V sejak tahun 1970-an.

"Dari dulu tinggal di sini memang tidak pernah banjir. Walaupun hujannya seharian, kali di sini tidak pernah meluap," ujar Risyanso.

Serupa dengan Suhenda, Risyanso belum mengetahui sebab pasti kali di permukimannya meluap. "Saya sih berharap kelurahan mau mencari tahu," ucapnya.

Berdasarkan pantauan, banjir menyebabkan warga bergegas menyelamatkan barang berharga di rumah masing-masing seperti barang-barang elektronik dan surat-surat berharga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement