Ahad 25 Sep 2016 13:04 WIB

Agus Harimurti Diprediksi Jadi Kuda Hitam di Pilkada DKI

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Nur Aini
Para pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur yang akan maju di Pilkada DKI Jakarta melakukan swafoto (selfie).
Foto: Foto istimewa
Para pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur yang akan maju di Pilkada DKI Jakarta melakukan swafoto (selfie).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik LIPI Indria Samego memprediksi, pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono-Silvyana Murni bisa memberikan kejutan. Walaupun popularitas Agus berada di bawah Anies Baswedan dan Ahok, tetapi mantan anggota TNI AD tersebut bisa mengambil kesempatan saat kedua pasangan lain lengah.

Menurutnya, keputusan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mungkin terpengaruh perkembangan masa kini, karena banyak teman-teman anaknya yang masih muda namun bisa menjadi bupati bahkan gubernur.

''Tapi karena SBY merasa zaman sudah berubah, ya bisa saja. Persoalannya kalau untuk Jakarta minimal 50 tambah satu (syarat menang), Agus bisa jadi kuda hitam, dia bisa mencuri suara dari yang tidak memilih Ahok maupun Anies. Jadi untuk 50+1 satu putaran agak sulit,'' kata Indria, saat dihubungi, Ahad (25/9).

Sehingga, meski usia Agus masih 38 tahun, anak dari SBY tersebut dinilainya tidak bisa diremehkan. Soal popularitas, itu bisa didongkrak dengan berbagai macam cara. Selain itu, SBY juga dinilai Indria ingin menggugurkan protap bahwa untuk menjadi kepala daerah, seorang anggota TNI minimal telah berangkat bintang dua.

''Jadi SBY punya optimisme itu, dan untuk menggugurkan kritikan bahwa tentara punya protap yang seragam, kalau untuk gubernur minimal kolonel, kalau Jakarta minimal bintang dua,'' ujarnya.

Baca juga: KPUD Ungkap Syarat Cagub-Cawagub DKI Bisa Lolos Tes Kesehatan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement