Sabtu 24 Sep 2016 14:01 WIB

Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Duet Sesama "Anak Kolong"

Paslon gubernur dan wakil gubernur dari Poros Cikeas di Pilgub DKI 2017, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni
Foto: olahdigital: Republika/Mardiah
Paslon gubernur dan wakil gubernur dari Poros Cikeas di Pilgub DKI 2017, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti Mayor Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono (38) yang menjadi pasangannya di pilgub DKI Jakarta 2017, Sylviana Murni juga berasal dari keluarga tentara. Ayahnya purnawirawan TNI Angkatan Darat dengan pangkat letnan kolonel.

Sylviana mendapatkan didikan ketegasan dari sang ayah, Letkol (Purn. TNI AD) Drs H Dani Moerdjani Naserin. Dia tumbuh dalam keluarga besar. Pernikahan Dani dengan Hj Ni'mah Ismail membuahkan sembilan putri dan seorang anak laki-laki. "Saya putri ketiga," ujar Sylviana dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Republika.

Sylviana mengaku ayahnya tegas, namun tidak keras seperti stereotipe militer. Keluarga menjadi tempat pertama mantan deputi gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta itu belajar demokrasi.

"Di rumah kami dulu ada meja makan besar. Seluruh keluarga berkumpul di "meja demokrasi", berdiskusi dan bahkan dapat mendebat kebijakan ayah atau ibu," ungkap Sylviana yang kelahiran Jakarta, 11 Oktober 1958

Selain sesama "anak kalong", Sylviana dan Agus juga memiliki sederet gelar akademis. Di nama Sylviana lengket titel profesor, doktor, dan master of science. Setelah menyelesaikan pendidikan s-1 Fakultas Hukum, dia meneruskan studi strata dua dan tiga di bidang manajemen kependudukan.

Sementara itu, Agus memiliki gelar master of science di bidang strategic studies dan master of arts. Seperti ayahnya, Jenderal TNI (Purn.) Prof Dr H Susilo Bambang Yudhoyono, dia juga mengoleksi penghargaan Adhi Makayasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement