Kamis 22 Sep 2016 17:33 WIB

KPU Bekasi Terima Pendaftaran 4 Pasangan Bacabup-Bacawabup

Rep: Kabul Astuti/ Red: Karta Raharja Ucu
Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Wihdan
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sudah menerima pendaftaran empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada Kab Bekasi 2017 mendatang. Masa waktu untuk verifikasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan telah dilalui dan ditetapkan pada 12 September 2016 kemarin.

"Rabu (21/9) KPU Kab Bekasi telah menerima empat bakal pasangan calon yang terdiri dari dua bakal pasangan calon perseorangan dan dua bakal pasangan calon dari parpol," kata Ketua KPU Kab Bekasi, Idham Kholik, kepada Republika.co.id di Kantor KPU Kab Bekasi, Rabu (21/9).

Hari ini, dua bakal pasangan calon dari jalur independen bisa mendaftarkan diri menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati. Keduanya adalah Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (Obama), serta Iin Farihin-KH Mahmudin (Imam). Menurut Idham, pasangan Obama mendapatkan dukungan sebanyak lebih dari 143 ribu yang telah terverifikasi secara faktual. Untuk pasangan Iin Farihin-KH Mahmudin juga terverifikasi sebanyak 140 ribu lebih dari syarat minimal 134.683 dukungan.

"Kamis (22/9) pukul 14.00 WIB, PKS bersama Gerindra dan Demokrat akan mengusung bakal paslon bernama Sa'dudin dan Ahmad Dhani ke kantor KPU Kab Bekasi. Insya Allah Pilkada 2017 Kab Bekasi akan ada lima bakal pasangan calon," lanjut Idham.

 

Ketua KPU Kab Bekasi menerangkan, tahapan selanjutnya pada 25-26 September 2016 KPU Kab Bekasi akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto selama dua hari. Penetapan pasangan calon dilakukan tanggal 24 Oktober, sedangkan pengundian nomor urut pada 25 Oktober.

Masa kampanye dilangsungkan mulai 28 Oktober 2016 sampai dengan 11 Februari 2017 selama 107 hari. "Nanti kita akan atur baik rapat terbuka, kampanye media, dan sebagainya," kata dia.

Seluruh pasangan dari jalur independen sudah melakukan pendaftaran, yakni pasangan Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (Obama), serta Iin Farihin-KH Mahmudin (Imam). Pasangan dari jalur parpol yang pertama mendaftar ke kantor KPU Kab Bekasi adalah Meilina Kartika Kadir-Abdul Kholik (Menarik). Bakal pasangan calon Menarik diusung oleh PDIP, PKB, PPP, dan PBB.

Pukul 12.00 WIB, KPU Kab Bekasi kembali menerima bakal pasangan calon dari partai Golkar yang mengusung bupati pejawat Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja (Neneng Yes). Pasangan ini juga didukung mitra koalisi dari Hanura, PAN, dan Nasdem.

Idham yakin seluruh persyaratan bakal pasangan calon sudah lengkap. "Saya yakin betul yang diserahkan mereka sudah lengkap karena sebelum pendaftaran sudah kita cek. Ini formalitas penyerahan saja," kata Idham.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement