Kamis 22 Sep 2016 13:16 WIB

Kapolri Terus Dukung Modernisasi SIM Online

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
 Warga mencari informasi tentang SIM Online saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (4/10).  (Republika/Yasin Habibi)
Warga mencari informasi tentang SIM Online saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (4/10). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Polri, Jenderal Tito Karnavian mengatakan terus mendukung modernisasi sistem SIM online oleh jajaran lalu lintas. Menurut dia, hal itu merupakan terobosan dari jajaran lalu lintas untuk mempermudah pelayanan SIM.

"Ini terobosan dari jajaran lalu lintas. Kenapa? Karena dulu kalau mengurus SIM masing-masing, parsial. Orang dari Papua yang sekolah di Jakarta, kalau mau mengurus perpanjangan SIM-nya dia kembali dulu ke Papua, ongkosnya berapa itu," beber Tito di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/9).

Bukan hanya SIM, sambung Tito, pelayanan online untuk STNK dan BPKB juga akan segera diberlakukan pada 2017. Ia berharap masyarakat terbantu dengan terobosan yang dilakukan oleh jajaran Polri. Apalagi layanan itu dapat dinikmati oleh masyarakat dan tak terbatas di kota-kota besar.

"Harapannya 2017 bukan hanya SIM online tapi juga STNK, BPKB bisa perpanjangan online dan bayar di bank setelah itu bisa diambil di loket tanpa harus bersentuhan dengan petugas, dengan calo," ujar Tito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement