Senin 19 Sep 2016 07:18 WIB

Polisi: Zenith Perusak Tubuh Paling Berbahaya

Indonesia Darurat Narkoba (ilustrasi)
Indonesia Darurat Narkoba (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin Kompol Feri R Sitorus Sik MH mengatakan, pil Charnoven produksi Zenith yang saat ini banyak dikonsumsi anak muda hingga orang dewasa ternyata memilik kandungan zat yang paling berbahaya. Ia mengatakan, satu pil Zenith mengandung karisoprodol 200 mg, parasetamol 160 mg, cafein 32 mg setara dengan delapan kali pil Deksamethason daya rusaknya.

Dia mengatakan, Jika mengkonsumsi 30 pil Zenith sekali minum maka setara dengan mengkonsumsi pil Dexamethason sebanyak 240 biji. Sehingga jangan kaget setelah penggunaan secara over maka biasanya pasien langsung terganggu saraf pusatnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Tanah Bumbu itu juga mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang belum mengetahui apa bahaya mengkonsumsi Charnoven produksi Zenith itu sebenarnya. Bahaya yang ditimbulkan oleh Zenith dengan penggunaan over di antaranya kerusakan ginjal akibat penumpukan kristal obat yang tidak terabsorsi dalam jumlah banyak.

Selanjutnya, terjadi kerusakan hati akibat keracunan obat, bahkan bisa menimbulkan kerusakan otak akibat tertekan saraf simpatis disertai gangguan pernapasan akibat terjadi kejang otot pernapasan dan jantung sehingga tak jarang mengakibatkan kematian karena over dosis.

Ia mengatakan untuk efek yang ditimbulkan oleh Zenith dengan penggunaan over seperti adanya rasa melayang, selalu berhalusinasi dan hilang kesadaran, terjadi rasa kebal di sekujur tubuh atau mati rasa. Lanjutnya, pesien akan merasa pusing dan bisa mengakibatkan pingsan, detak jantung menjadi cepat, agitasi atau kebingungan, tremor dan kejang, mudah tersinggung, mual dan muntah serta gangguan menelan kemudian perut sakit-sakitan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement