Sabtu 17 Sep 2016 11:15 WIB

88 Anak Antusias Pelajari Roket di 'Republika Fun Science'

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Roket meluncur karena tekanan air dan udara di dalam roket botol (Foto: Yasin Habibi/Republika).
Foto: Yasin Habibi/Republika
Roket meluncur karena tekanan air dan udara di dalam roket botol (Foto: Yasin Habibi/Republika).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang 'Republika Fun Science' terus menarik minat masyarakat, terutama anak-anak dalam mempelajari ilmu sains dengan cara yang menyenangkan. Dalam kegiatan yang digelar hari ini, Sabtu (17/9), ada 88 anak yang mengikuti kegiatan 'Republika Fun Science'.

Kali ini tema yang diambil mengenai roket air. Para peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberikan wawasan kepada anak-anak yang terdiri dari kelas IV, V, dan VI SD serta SMP ini, tidak hanya dalam bentuk teori tapi juga praktik. 

Kegiatan dimulai dengan pemberian materi. Dalam kesempatan itu, peserta memperoleh informasi tentang apa itu roket, sejarah perkembangan roket, berbagai jenis roket, manfaat roket, hingga cara kerjanya. Usai pemberian materi, anak-anak akan membuat roketnya sendiri.

Bukan roket sungguhan, melainkan roket air yang terbuat dari botol plastik. Lewat pembuatan roket air ini, anak diajak memahami bagaimana cara kerja roket terbang. Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji mengatakan, ini merupakan kali ketiga kegiatan 'Republika Fun Science' digelar.

Kegiatan tersebut akan terus diselenggarakan minimal dua bulan sekali. "Ini bagian dari acara fun science, belajar sains dengan cara menyenangkan. Sekarang sudah tiga kali dan kami bikin variasi. Makanya dibuat acara mengenal roket," kata Hasan, Sabtu (17/9).

Kepala Lapan Thomas Djamaludin mengajak para peserta untuk memikirkan apa cita-cita mereka saat dewasa nanti. Apabila sudah menentukan cita-cita, anak-anak diminta belajar serius agar impiannya tersebut tercapai. "Kalau ada yang bercita-cita ingin menjadi ilmuwan atau insinyur, maka sains harus dikuasai. Sains itu sesuatu yang menyenangkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement