Sabtu 17 Sep 2016 02:34 WIB

Menhub Tinjau Kapal Terbakar di Tanjung Priok

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kapal terbakar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (16/9)
Foto: Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kapal terbakar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (16/9)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapal Devine Success bermuatan semen curah terbakar di Dermaga 115 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/9) malam. Kebakaran diduga berasal dari kamar mesin kapal.

“Kapal mulai terbakar pada pukul 18.30 dan titik api diduga dimulai di ruang mesin,” kata Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok, Sahatua, dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/9).

Menurutnya, api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang dari dua jam. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. Kapal sedang dalam proses pendinginan untuk memudahkan petugas melakukan penyelidikan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi langsung meninjau lokasi terbakarnya kapal. Ia mengapresiasi kesiapan perlengkapan pelabuhan dan kesigapan para petugas pelabuhan dalam mengatasi kebakaran.

Budi juga menugaskan Dirjen Perhubungan Laut untuk melakukan koordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan pengecekan kembali terhadap prosedur penanganan keselamatan bongkar muat barang kapal di Pelabuhan. “Untuk menghindari terulangnya insiden serupa dimasa datang,” kata Budi.

Budi didampingi Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Tony Budiono, Irjen Kemenhub Cris Kuntadi serta Syabandar Pelabuhan Tanjung Priok Sahatua di Pelabuhan Tanjung Priok. Staf Khusus Menhub Bidang Komunikasi Publik Dewa Made Sastrawan menambahkan, Tim KNKT sudah tiba di lokasi untuk memulai investigasi dan memeriksa awaknya untuk mengetahui penyebab kebakaran. “Kami akan infokan kepada publik secepatnya hasil-hasil investigasi KNKT,” kata Dewa Made.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement