Kamis 15 Sep 2016 19:08 WIB

Adhyaksa: Pramuka Bina Generasi Muda

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Damanhuri Zuhri
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Adhyaksa Dault
Foto: ROL
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Adhyaksa Dault

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengapresiasi usulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berencana memasukkan Pramuka dalam pendidikan formal sekolah. Apalagi, Pramuka merupakan upaya untuk mewujudkan pendidikan karakter bagi anak-anak Indonesia.

"Pramuka itu sebenarnya wadah untuk pembinaan generasi muda. Pemuda itu pemimpin masa datang, tapi kita sering melupakan poses pendewasaan anak," kata Adhyaksa kepada Republika, Kamis (15/9).

Ia meyakini, Pramuka mampu memberikan pelajaran budi perkerti di sekolah. Sebab, salah satu yang diajarkan yakni, nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya. "Kalau diturunkan pembinaan nilai-nilainya, positif buat generasi muda. Melatih survive, mandiri, hidup tanpa rokok," ujar dia.

Adhyaksa meyakini, pramuka sejalan dengan upaya pemerintah memberikan pendidikan karakter bagi anak-anak. Sehingga, menurutnya sangat tepat apabila pramuka berada di bawah naungan Kemendikbud.

"Kita harus menghadapi arus globalisasi, pertama dengan agama dan nasionalisasi, kepribadian, patriotis, yaitu pakai pramuka," ungkap Adhyaksa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement