Kamis 15 Sep 2016 14:28 WIB

Aher Takjub Fasilitas TIK Telkom di Media Center

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Media Center Utama PON XIX 2016
Foto: dok
Media Center Utama PON XIX 2016

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dibuat takjub dengan fasilitas teknologi informasi komunikasi (TIK) yang disediakan PT Telkom, Official ICT Partner Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 pada di Media Center Utama (MCU). Menurut Aher sapaah Ahmad Heryawan, akses bandwith yang diberikan Telkom untuk menunjang kerja wartawan tidak terbatas (unlimitted). Bahkan, cenderung sangat dilonggarkan sehingga media bisa mengakses seluruh informasi terkait PON di MCU dengan leluasa.

"Alhamdulillah, sengaja di-lose internetnya oleh Telkom, bandiwth-nya unlimitted di sini, sehingga ini menjadi media center terbaik yang pernah ada," ujar Aher setelah mencoba akses internet di sela-sela peresmian MCU di Trans Luxury Hotel, Rabu (14/9) malam.

Menurut Aher, ini memungkinkan wartawan untuk menyajikan informasi seluas-luasnya, secepat-cepatnya, dan seakurat mungkin. MCU,  dijamin bakal memanjakan para jurnalis peliput PON. Selain ditunjang akses internet handal, juga peranti keras yang disediakan anak perusahaan PT Pins Indonesia (anak perusahaan Telkom) memiliki spesifikasi di atas rata-rata.

Executive Vice President Divisi Government Service Telkom, Mohammad Salsabil, mengatakan, secara keseluruhan Telkom menyiapkan lebih dari 35 gigabyte bandwidth selama pelaksanaan kegiatan.  Selain di media center, Telkom Group menyiapkan fasilitas telekomunikasi di 200 hotel penginapan atlet, Bandara Husein Sastranagara, dan stasiun kereta api hingga rumah sakit yang ada di Jabar.

“Kami mendukung seluruh media center," katanya. Yakni, kata dia, mulai dari media center utama di Trans Studio Mall, dua media center menengah di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Graha Siliwangi hingga 14 media center kecil di Gedung KONI Jabar juga lokasi lainnya.

Untuk mendukung layanan komunikasi mobile, menurut dia, Telkomsel menyiapkan lebih dari 800 base transceiver station (BTS) (2G, 3G & 4G) untuk meng-cover seluruh venue acara. Jumlah tersebut sudah termasuk BTS baru dan mobile BTS (COMBAT).

Ia mengatakan, masing-masing lokasi media center dan venue tersebut, dilengkapi dengan 130 CCTV, lebih dari 600 komputer, printer, ip phone, LCD, dan access internet wifi.id yang didukung lebih dari 500 access point. Telkom Group juga, menyiapkan layanan broadcasting melalui dukungan tiga unit Satellite News Gathering (SNG).

Direktur MCU Mirza Zulhadi mengatakan, ada 100 komputer desktop yang akan ditunjang akses wireline dengan sebagian di antaranya diberikan spesifikasi lebih tinggi karena untuk kepentingan upstreaming video bagi wartawan televisi.

 

"Dekstop ini sendiri yang terbaik di kelasnya, dengan layar 32 inchi dan spesifikasi di atas rata-rata, sehingga memudahkan proses kerja jurnalis. Wifi juga disediakan dengan alokasi bandiwth yang juga unlimitted," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement