Rabu 14 Sep 2016 18:20 WIB

Jamaah Aboge di Kracak Rayakan Idul Adha Hari Ini

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Bayu Hermawan
Sholat Idul Adha (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sholat Idul Adha (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Warga Kabupaten Banyumas dan sekitarnya yang merupakan jamaah Islam Aboge (Alif Rabu Wage) baru merayakan Hari Raya Idul Adha pada Rabu (14/8) ini.

Seperti yang berlangsung di Desa Kracak Kecamatan Ajibarang, jemaah Islam Aboge yang berjumlah puluhan orang ini merayakan shalat Ied di mushola Al Ikhlas desa setempat.

Usai melaksanakan shalat Ied dan mendengarkan khotbah yang disampaikan khotib, umat Islam Aboge ini melakukan kehiatan makan bersama dan penyembelihan hewan kurban. Ada beberapa ekor kambing yang disembelih di halaman mushola tersebut.

Jamang Sudiworo, seorang tokoh Islam Aboge desa setempat menyatakan, dalam menentukan Hari Besar Islam seperti Hari Raya Idul Adha, pihakya berpegangan pada hitungan hari pasaran Pon, Wage dan Kliwon. '

'Berdasarkan perhitungan tersebut, kami menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu 14 September 2016,'' jelasnya.

Selain di Desa Kracak, sebanyak  200 pengikut Aboge (Alif Rebo Wage) di Kabupaten Purbalingga juga merayakan Idul Adha dengan dipusatkan di Desa Onje Kecamatan Mrebet, Rabu (14/9). Mereka melaksanakan shalat Ied di Masjid Sayyid Kuning desa setempat, dengan imam dan khatib seorang tokoh Aboge kabupaten setempat, Kiai Maksudi.

Dalam khotbah yang disampaikan dalam bahasa Jawa, Kiai Maksudi mengajak jemaahnya  meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam mentaati perintah Allah.

Usai khutbah Salat Ied selesai, para jemaah saling bersalam-salaman sambil melantunkan salawat. Setelah itu, jemaah menyaksikan pemotongan hewan kurban sebanyak sembilan ekor kambing di halaman masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement