Senin 12 Sep 2016 12:36 WIB

Santri Baitul Quran Diajarkan Memotong Hewan Kurban

Rep: Adrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah
Pemotongan hewan kurban (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pemotongan hewan kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SRAGEN -- Kemeriahan hari raya kurban juga berlangsung di Pesantren Baitul Quran, Sambirejo, Kabupaten Sragen. Jawa Tengah. Di pesantren ini pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan oleh ratusan santri.

Pengasuh Ponpes Baitul Quran, Syahrul Muflikhun mengatakan pengurus pesantren sengaja melibatkan santri untuk memberikan pembelajaran tentang tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai syar'i. "Karena ini waktunya yang tepat untuk pembelajaran kepada santri. Kami beri amanah untuk pemotongan dan pembagian daging kurban kepada warga," tutur Syahrul saat dihubungi Republika.co.id pada Senin (12/9).

Pesantren Baitul Quran melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak delapan ekor sapi dan 20 kambing. Dimana kebanyakan merupakan kurban para donatur pesantren. Syahrul mengatakan daging kurban nantinya selain dibagikan untuk warga Sambirejo juga akan dikirim ke beberapa desa lainnya yang terpencil seperti di Kecamatan Jenar, Sragen.

Pemotongan hewan kurban di pesantren tersebut memang rutin dilakukan tiap tahunnya. Namun dia mengatakan tahun ini jumlah sumbangan hewan kurban mengalami peningkatan. Tahun lalu dia menyebut pesantren hanya berkurban lima ekor sapi dan sembilan kambing.

"Antusias warga bagus mereka ramai ingin melihat. Untuk santri yang terlibat sebelum pelaksanaan memang kami sudah beri pembekalan untuk pemotongan hewan kurban. Sehingga lulus dari pesantren mereka sudah siap jika diminta bantuan masyarakat untuk memotong hewan kurban," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement