Jumat 09 Sep 2016 07:39 WIB

Jember Targetkan Kunjungan Lima Juta Wisatawan

Jember Fashion Carnaval 2015
Foto: Dok: Sendi A Saputra
Jember Fashion Carnaval 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, menargetkan kunjungan lima juta wisatawan domestik dan sembilan ribu wisatawan mancanegara per tahun selama kurun waktu lima tahun mendatang.

"Dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah disusun target kunjungan wisatawan domestik dari satu juta menjadi lima juta orang per tahun dan wisatawan mancanegara dari 1.200 orang menjadi 9.000 orang per tahun hingga 2021," kata Kepala Bappeda Jember Edi Budi Susilo, Kamis.

Dalam diskusi yang digagas salah satu media lokal di Kabupaten Jember, Edi Budi Susilo mengatakan, pendapatan asli daerah sekitar 3,3 persen dari sektor pariwisata dan ditargetkan menjadi 7,5 persen hingga tahun 2021, sehingga seluruh satuan kerja perangkat daerah harus mendukung target di sektor pariwisata tersebut.

"Sejauh ini objek wisata di Jember belum tergarap optimal, padahal potensi wisata di Kota Tembakau ini cukup banyak untuk dikembangkan menjadi primadona destinasi wisata di Jatim," tuturnya.

Ia menjelaskan Pemkab Jember ingin membangun sinergisitas antarkecamatan untuk mengembangkan potensi wisata dan kerajinan yang dikemas menjadi paket wisata yang menarik bagi wisatawan asing maupun domestik.

"Misalnya Kecamatan Ambulu yang terkenal dengan pantainya, Puger yang dikenal dengan ikannya, dan Balung yang terkenal dengan kerajinannya bisa disinergikan menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata, bahkan kajiannya sudah ada yakni kawasan agropolitan dan minapolitan yang sedang diusulkan ke pusat," katanya.

Edi mengatakan tugas berat dan tantangan bagi Kantor Pariwisata yang akan diusulkan menjadi Dinas Pariwisata melalui rencana peraturan daerah susunan organisasi tata kerja perangkat daerah.

"Nantinya pariwisata diharapkan menjadi ujung tombak bagi Kabupaten Jember, sehingga Dinas Pariwisata nanti harus merumuskan dan mencari formulasi tentang hal itu untuk mendongkrak potensi wisata Jember," ujarnya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement