Jumat 02 Sep 2016 15:11 WIB

Sosiolog: LGBT Berkembang di Indonesia karena UNDP

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Teguh Firmansyah
Tolak LGBT/Ilustrasi
Tolak LGBT/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosiolog dari Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Musni Umar membeberkan alasan tumbuh suburnya lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di Indonesia. Pertama, LGBT terus berkembang lantaran mendapat dukungan dari dunia internasional dalam menjalankan berbagai kegiatannya.

"LGBT itu kan tumbuh dan berkembang di Indonesia karena memang dapat dukungan internasional. United Nations Development Program (UNDP) kan mendanai kegiatan mereka itu," kata Wakil Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta tersebut saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (2/8).

Alasan berikutnya, LGBT bisa terus berkembang lantaran negara tidak hadir untuk melarang pergerakan mereka. Sejauh ini, hanya masyarakat madani (civil society) yang kuat menyuarakan penolakan terhadap kalum LGBT. Namun, penolakan tersebut tidak mendapat dukungan dari komponen lainnya.

"Jadi kalau kayak pepatah, 'anjing menggonggong kafilah berlalu'. Jadi terus aja mereka jalan," kata Musni.

Baca juga, Ini Pernyataan Manny Pacquiao yang Membuat Kelompok LGBT Marah.

Tidak adanya penolakan terhadap kelompok LGBT tersebut membuat mereka lebih berani secara terang-terangan melakukan kampanye. Tak jarang, dalam sebuah acara, mereka membagikan brosur-brosur untuk menunjukan popularitas mereka dan menggalang dukungan.

"Saya sendiri pernah dalam suatu talk show diberi brosur tentang LGBT dan bagaimana kaitannya dengan perlindungan hukum dan sebagainya," terang Musni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement