Kamis 01 Sep 2016 16:30 WIB

Makna Pertemuan 'Veranda Talk' Ala Jokowi

Kunjungan Kehormatan Ratu Maxima. Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB tentang pembiayaan inklusif untuk pembangunan (UNSGSA) Ratu Maxima usai melakukan diskusi pada kunjungan kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta,
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Kunjungan Kehormatan Ratu Maxima. Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB tentang pembiayaan inklusif untuk pembangunan (UNSGSA) Ratu Maxima usai melakukan diskusi pada kunjungan kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa pertemuan kenegaraan, Presiden Joko Widodo menyambut para tamunya dengan melakukan 'Veranda Talk' di teras Istana Merdeka Selatan yang menghadap ke taman dan pepohonan yang berada di sisi utara bangunan.

Menurut pantauan Antara pada Kamis, saat menerima kunjungan kehormatan Ratu Belanda Queen Maxima, usai melakukan penyambutan, Presiden segera mengajak tamunya melakukan 'veranda talk' atau perbincangan teras.

Perbincangan yang dilakukan bersama Ratu Maxima atau bahkan dengan tamu negara yang lain dilakukan sesantai mungkin dengan suasana yang akrab.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi mengenakan pakaian batik berlengan panjang berwarna cokelat sedangkan Ratu Maxima mengenakan blus berwarna krem dengan motif bunga. Terdapat satu sofa panjang dengan meja di depannya dan dua sofa kecil yang berada di sisi kanan-kiri meja tersebut.

"Veranda talk maknanya adalah itu pembicaraan 'intimate'. 'Intimate conversation' antara Presiden dengan beberapa tamu negara yang dianggap dekat dan dianggap penting di dalam substansi maupun dalam hubungan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala di Jakarta.

Djumala menjelaskan maksud veranda talk' itu adalah untuk membicarakan hal-hal penting secara akrab dan terbuka.

Waktu dari masing-masing kepala negara atau kepala pemerintahan yang melakukan 'veranda talk' bersama Jokowi bervariasi tergantung dari isunya.

"Ke depan, akan kita angkat sebagai satu format standar bagi Presiden dalam rangka membicarakan hal-hal strategis, penting dan punya hubungan dekat," ujar Djumala.

Baca juga,  Jokowi Minta Bantuan Ratu Maxima.

Selain itu, Djumala menjelaskan 'veranda talk' baru dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Penentuan tamu negara mana yang akan melakukan 'veranda talk' dengan Presiden sepenuhnya berdasarkan keinginan Jokowi.

"Biasanya pagi-pagi itu sebelum terima tamu, kita tanya, pak mau veranda tidak? langsung iya atau tidak. Jadi penentuannya beliau sendiri, itu kan tergantung 'feeling'," kata Kasetpres.

Menurut Djumala, Presiden Jokowi melakukan diskusi teras bersama Ratu Maxima karena kedekatan sejarah, hubungan bilateral dan kerja sama. Selain Ratu Maxima, beberapa kepala negara yang sebelumnya pernah melakukan 'veranda talk' beberapa waktu lalu bersama Jokowi salah satunya yaitu Presiden Ukraina Petro Poroshenko.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement