Kamis 25 Aug 2016 05:32 WIB

Gubernur Papua Carter Empat Pesawat

Gubernur Papua Lukas Enembe
Foto: Antara
Gubernur Papua Lukas Enembe

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Gubernur Papua Lukas Enembe berencana menyewa empat pesawat untuk memulangkan 800 orang yang merupakan kontingen Bumi Cenderawasih seusai mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat pada September 2016.

"Kami boleh pergi berbeda pesawat tapi pulang satu pesawat semua di mana akan carter (sewa) empat pesawat semuanya, agar tidak ada satu atlet pun yang tercecer di Jawa Barat," katanya di Jayapura, Rabu (24/8).

Menurut Lukas, untuk itu pihaknya berharap perolehan medali pada pra-PON XIX dapat dipertahankan. "Dalam perolehan medali di pra-PON lalu, Papua mendapat 50 emas, 36 perak, 32 perunggu, dengan 42 emas skala nasional dan delapan emas per wilayah," ujarnya.

Dia menuturkan perolehan tersebut harus dipertahankan, sekalipun turun pun hanya 20-30 emas, itu sudah luar biasa karena Papua targetnya 10 besar. "Dalam setiap PON, biasanya Papua masuk dalam peringkat 5-7 besar , namun dalam PON sebelumnya, justru keluar dari 10 besar," katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap bagaimana pun caranya harus dapat mempertahankan perolehan medali di pra-PON. Kontingen Papua akan mengikuti 247 nomor dari 753 nomor yang dipertandingkan.

Papua mengikuti 34 cabang olahraga dengan 44 sub cabang olahraga dari 48 cabang yang dipertandingkan di PON XIX Jabar. Jumlah atlet yang lolos ke PON berjumlah 380 orang, official 190 orang sehingga totalnya 570 orang, di mana kontingen besarnya secara keseluruhan tercatat 800 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement