Sabtu 20 Aug 2016 15:05 WIB

'Festival Jiran Nusantara' Diharap Sedot Wisatawan

Pemandangan kota Muntok dari balik lubang di menara suar Tanjung Kalian
Foto: akbar/republika
Pemandangan kota Muntok dari balik lubang di menara suar Tanjung Kalian

REPUBLIKA.CO.ID, MUNTOK -- Festival "Jiran Nusantara 2016" yang digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-282 Kota Muntok diharapkan mampu menyedot wisatawan berkunjung ke Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan yang akan digelar selama empat hari mulai 3 September 2016 layak dikunjungi karena akan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya lokal," kata Panitia Festival Jiran Nusantara, Rahmad Dalu di Muntok, Sabtu (20/8).

Ia mengatakan berbagai atraksi kesenian dan permainan tradisional akan digelar selama berlangsungnya kegiatan tersebut, seperti gasing, layang-layang, kerajinan, betason, bilun, dan lainnya.

Selain itu, ujarnya, panitia juga menyiapkan ruang pameran yang akan diisi berbagai karya kelompok dan komunitas yang selama ini selalu aktif ada di daerah itu.

"Panitia juga akan menampilkan salah satu potensi Muntok yang selama ini dikenal dengan kota 1.000 kue dan napak tilas kota pusaka yang diharapkan mampu mengenal lebih dekat berbagai bangunan bersejarah dengan berkunjung ke lokasi," kata dia.

Menurut dia, "Festival Jiran Nusantara" yang dahulu dikenal sebagai Festival Menumbing diharapkan akan mampu menyedot lebih banyak lagi wisatawan berkunjung ke kota sejarah yang berada di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Kami berharap kegiatan tahunan ini semakin berkembang dan ke depan bukan lagi bertaraf regional namun bisa ke tingkat nasional dan internasional," katanya.

Ia optimistis dengan keseriusan panitia dan dukungan masyarakat kegiatan tersebut akan berlangsung sesuai target sekaligus mampu membangkitkan semangat seluruh warga Bangka Barat untuk memberikan yang terbaik dan berperan aktif dalam setiap gerak pembangunan daerah.

"Dengan semangat dan niat baik yang diberikan, kami yakin kegiatan ini akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat sekaligus mengenalkan berbagai potensi lokal," kata Camat Muntok tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement