Sabtu 20 Aug 2016 08:20 WIB

Antara Ta'aruf dan Pacaran, Mana yang Lebih Baik?

Red: M Akbar
ustaz Qodratu SQ
Foto:

Ta’aruf Menumbuhkan Cinta

Anda tahu mengapa orang pacaran bisa begitu mesra? Karena mereka sedang melakukan eksplorasi terhadap pasangan (tak sah) nya itu. Kegiatan eksplorasi itu kemudian menimbulkan rasa penasaran berkombinasi dengan syahwat yang selalu mengejar kepuasan. Inilah yang menyebabkan kecenderungan dan melahirkan rasa rindu ingin selalu bertemu. 

Sayangnya eksplorasi tersebut dilakukan sebelum ada ikatan yang sah. Apabila salah satunya sudah merasa puas mengeksplorasi, akan mulai timbul kejenuhan. Hingga yang tersisa hanya rasa tak enak karena sudah terlanjur lama bersama, sudah terlanjur kenal dekat atau sudah terlanjur merasa memahami. Lalu setelah itu timbul shock, setelah menikah menemukan kenyataan pasangannya ternyata pribadi yang sangat jauh berbeda ketika saat pacaran dulu.

Hal yang sama bisa juga dilakukan setelah menikah. Mengeksplorasi pasangan yang baru dikenal akan menumbuhkan rasa sayang, kangen dan keinginan untuk saling menjaga. Masa-masa itu tak akan lekang menjadi jemu, karena rumah tangga dibangun dengan suasana penuh kemesraan, bukan karena terjebak situasi 'terlanjur; kenal dan sebagainya. Dinamika didalamnya justru menjadi pelajaran untuk memahahi pasangan, keduanya akan saling mereduksi ego untuk menemukan pola terbaik untuk rumah tangga mereka.

Lalu seiring perjalanan pernikahan, akan banyak hal-hal baru untuk dieksplore hingga kemesraan terus terjaga. Tetangga, anak, karir, keluarga besar, dan masih banyak hal lain yang akan menyibukan suami istri untuk terus berkolaborasi mencari solusi dalam menghadapi problemantika yang datang. Keduanya akan saling menguatkan satu sama lain merawat cinta mereka yang mereka mulai dengan kesucian dan tuntunan Allah dan RasulNya.

Untuk pembahasan mengenai teknis dan tata cara ta’aruf akan saya uraikan lebih dalam pada tulisan selanjutnya. Jadi sekarang Anda hendak memilih yang mana; ta'aruf atau masih tetap pacaran?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement