Rabu 17 Aug 2016 09:17 WIB

'Ki Jaga Raksa' Bawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
Kereta Kencana Ki Jaga Raksa pembawa Bendera Pusaka memasuki Istana Merdeka dalam rangkaian  peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8)
Foto: Wihdan HIdayat/Republika
Kereta Kencana Ki Jaga Raksa pembawa Bendera Pusaka memasuki Istana Merdeka dalam rangkaian peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prosesi upaca pengibaran bendera kenegaraan di Istana tahun ini disemarakkan dengan arak-arakan bendera pusaka 'Sang Saka Merah Putih' dan teks proklamasi dengan kereta kencana.

Ini merupakan pertama kalinya masyarakat bisa melihat langsung prosesi bendera pusaka dan teks proklamasi sebelum dikibarkan dan dibacakan di Istana Merdeka.

Ada yang menarik dari kereta kencana yang membawa bendera pusaka dan teks proklamasi adalah sebuah kereta bernama 'Ki Jaga Raksa' yang didatangkan dari purwakarta.

Kereta kencana 'Ki Jaga Raksa' dianggap bagian dari replika peninggalan dari Kerajaan Pajajarandan Prabu Siliwangi ini ditarik empat kuda.

Dua pembawa menyertai bendera pusaka merah putih adalah Dita Amelia dan Felicia Gunawan, yang merupakan Pasukan Pengibar Bendera (Parkibra) pada upacara pengibaran bendera pada 2015 lalu.

Bendera pusaka Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi ini setelah diarak kemudian diserahkan kepada Presiden di Istana Negara sebagai bagian dari prosesi upacara kenegaraan pengibaran bendera pada 17 Agustus tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement