Selasa 16 Aug 2016 13:45 WIB

Teknologi Busa Pencegah Kebakaran akan Dipatenkan

Rep: Maspril Aries/ Red: Dwi Murdaningsih
Kebakaran hutan, ilustrasi
Foto: FB Anggoro/Antara
Kebakaran hutan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Inovasi teknologi pencegah kebakaran lahan gambut dari Korem 044/ Garuda Dempo (Gapo) yang diberi nama Bios 44 akan dibahas pakar dan akademisi lingkungan, kehutanan dan perubahan pada forum 'Pojok Iklim' Kementerian LHK. Bahkan, Menteri LHK Siti Nurbaya menyarankan agar teknologi ini segera dipatenkan.

“Inovasi teknologi pencegah kebakaran lahan gambus Bios 44 bersama inovasi teknologi Nusantara Gapo sebagai foam pemadam kebakaran di lahan gambut akan kami presentasikan kembali pada forum Pojok Iklim Kementerian LHK pada 19 Agustus di Jakarta,” kata Kol Inf Kunto Arief Wibowo Komandan Korem 044/ Gapo, Selasa (16/8).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya membenarkan bahwa inovasi Korem 044/ Gapo yang terkait dengan kekabaran hutan dan lahan (karhutla) akan menjadi bahan diskusi pada forum 'Pojok Iklim'. “Waktunya sudah dijadwalkan akan dilaksanakan 19 Agustus nanti,” ujarnya.

Forum 'Pojok Iklim' dibentuk Menteri LHK Siti Nurbaya sebagai forum diskusi multi sektoral dan menjadi wadah diskusi antar stakeholder kehutanan dan lingkungan. Diantaranya dari Kementerian LHK, para pelaku usaha serta pakar dan akademisi. Pojok Iklim diharapkan mampu melahirkan aksi-aksi nyata memperbaiki dan memberi kontribusi positif dalam menekan dampak negatif perubahan iklim di Indonesia.

Pada paparan di kantor Kementerian LHK, Menteri Siti Nurbaya memuji hasil temuan inovasi Korem 044/ Gapo. “Ini inovasi keren banget Kementerian LHK akan membantu memberikan rekomendasi untuk memperoleh sertifikasi patennya dari Ditjen HAKI di Kementerian Hukum dan HAM,” kata Siti Nurbaya yang didampingi Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Nur Masripatin.

Menurut Siti Nurbaya ini harus segera dipatenkan sebagai temuan anak bangsa yang ditemukan oleh kesatuan di lingkungan TNI. “Harus dipatenkan secepatnya sebelum dipatenkan orang lain,” ujarnya seraya menginstruksi staf terkait di Kementerian LHK membuat rekomendasinya.

Dalam paparannya Danrem 044/ Gapo Kol Inf Kunto Arief Wibowo menjelaskan tentang inovasi produk atau teknologi yang diberi nama Bios 44 dan Nusantara Gapo 44 sebagai temuan anak bangsa. “Bios 44 merupakan teknologi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di lahan gambut. Nusantara Gapo 44 merupakan teknologi busa atau foam untuk pemadam api pada kebakaran di lahan gambut,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement