Senin 15 Aug 2016 03:56 WIB

Bendera Merah Putih Membentang di Gunung Batu

Gunung Batu Lembang
Foto: Tempatwisatabandung.info.
Gunung Batu Lembang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bendera merah putih berukuran 17 x 8 meter membentang di tebing kawasan wisata Gunung Batu, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Bendera tersebut sengaja dibentangkan bersama-sama oleh pemuda Karang Taruna Lembang, pecinta alam dan pemanjat tebing dengan diawali upacara oleh Pasukan Pengibar Bendera SMA/SMK di wilayah Lembang, Ahad.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Lembang, Dede Wahyudin mengatakan bendera ukuran besar itu sengaja dibentangkan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kami baru pertama kali membentangkan bendera merah putih di Gunung Batu Lembang, yang persiapannya hanya dua minggu," katanya.

Ia menuturkan pembentangan bendera merah putih itu melibatkan unsur Kabuyutan Lembang, Komunitas Panjat Tebing, dan aparat pemerintah setempat serta unsur lainnya.

Ia berharap keterlibatan semua pihak itu dapat meningkatkan kesadaran dan peduli terhadap kelestarian lingkungan, apalagi Gunung Batu memiliki nilai sejarah.

"Kita inginkan semuanya peduli dan tahu bahwa sesar ini adalah peninggalan sejarah yang sangat perlu dilestarikan," katanya.

Ia menambahkan, selain pengibaran bendera, juga dilakukan penanaman pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana erosi.

"Harapan kami ke depan ekosistem alam Gunung Batu tetap terpelihara," katanya.

Seorang pendaki yang mengikuti pembentangan bendera di Gunung Batu, Cecep, mengatakan upacara bendera tersebut akan membangun kesadaran cinta kepada Tanah Air dan menanamkan jiwa patriotisme.

Menurut dia kegiatan upacara pembentangan bendera merah putih di Gunung Batu itu merupakan sesuatu yang baru dan menjadi daya tarik bagi pengunjung.

"Gunung batu ini terkenal karena keeksotikan alamnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement