Kamis 11 Aug 2016 13:31 WIB

Wagub DKI: Orang Miskin Jangan Cuma Dikasihani Saja

Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah)
Foto: Antara/ Reno Esnir
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat mengatakan orang miskin tak cukup hanya dikasihani saja. Namun menurutnya orang miskin harus diberdayakan karena kemiskinan itu hadir akibat dari sistem sosial dan kebijakan.

"Maka kita harus mengubah persepsi bahwa orang miskin itu jangan dikasihani saja dengan hanya pemberian instan-instan itu. Orang miskin itu harus kita anggap sebagai subjek," katanya.

Politikus PDIP itu melanjutkan, orang miskin harus diberdayakan yang produktif, sehingga memberi kesempatan baginya untuk mengembangkan potensi dan kemampuan secara maksimal. Dalam bentuk bentuk usaha dan itu harus dibentuk sejak kecil.

"Pemprov DKI Jakarta dalam penanggulangan kemiskinan melakukan upaya diantaranya mulai anak lahir diberi imunisasi, BPJS Kesehatan, subsidi transportasi, subsidi perumahan dan subsidi permodalan," ujarnya.

Wagub mengatakan pemberian subsidi untuk orang miskin, agar datanya disinergikan menjadi satu kesatuan. Sebab dengan adanya data tunggal orang miskin termasuk juga penyebab kemiskinan.

"Kalau kita tidak tahu penyebab kemiskinan, kita ajak ngomong sehingga menjadikan orang miskin sebagai subjek," katanya lagi

Djarot menambahkan program tersebut diharapkan jumlah warga Jakarta pada tahun depan busa mengalami penurunan. "Kita lihat harusnya turun, memang Jakarta itu tingkat kemiskinan bisa rendah, paling rendah di Indonesia yaitu dibawah 3,5 persen," ucapnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement