Sabtu 06 Aug 2016 15:47 WIB

Kota Bogor Segera Miliki PJU Pintar

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham
Lampu penerangan jalan umum (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Lampu penerangan jalan umum (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kota Bogor salah satu yang berkomitmen untuk mengarah kepada Smart City. Meskipun masih dalam proses, Smart City Lighting atau Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar direncanakan akan digunakan di Kota Bogor.

"Master Plan PJU Pintar ini merupakan salah satu program prioritas dalam kaitannya mitigasi perubahan iklim," kata Kasubbid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Kota Bogor, Nauval Isnaeni, Sabtu (5/8).

Dia menyatakan, selanjutnya akan dibuat rencana matang untuk membuat kerangka pengelolaannya. Sebab, lanjut Nauval, PJU Pintar bisa berdampak positif jika diterapkan di Kota Bogor yang menuju Smart City.

"Dari sisi pembangunan dan pemeliharaan akan memberikan keuntungan dari sisi penghematan penggunaan energi dan akuntabilitas penggunaan daya yang berkaitan dengan rekening listrik," kata Nauval.

Nauval menegaskan, PJU Pintar memilikib satu acuan yang secara otomatis terkoneksi di jaringan internet yang terpusat. Dari koneksi tersebut, kata dia, akan disesuaikan untuk mendapatkan titik mana di Kota Bogor yang mendapat prioritas penerangan.

PJU Pintar akan diarahkan kepada sektor swasta sebagai operator dan bisa menyerap tenaga kerja baru. Dia menilai Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor juga akan dimudahkan untuk memonitor penerangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement