Jumat 29 Jul 2016 09:43 WIB

Truk Masuk Jurang di Wonogiri, Tiga Tewas

Kecelakaan lalulintas (ilustrasi)
Foto: Antara
Kecelakaan lalulintas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI -- Sebuah truk Mitsubishi bernomor polisi AD 1619 PG masuk ke dalam jurang di jalan Desa Brenggolo-Semo, Dusun Sugihan, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kamis (28/7) sekitar pukul 14.30 WIB. Tiga orang dilaporkan meninggal dunia, dan puluhan luka-luka dalam kecelakaan yang sedang diselidiki penyebabnya oleh polisi tersebut.

"Kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi, dan untuk sementara akibat kurang kehati-hatian pengemudi truk yang menyalahi aturan menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang," kata Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Anggono mewakili Kapolres AKBP Ronald R Rumondor, di Wonogiri, Jumat (29/7).

Anggona menjelaskan, tiga korban meninggal yakni Narti (30 tahun), Kariyem (56) keduanya warga Dusun Tempel RT 04/06 Desa Pakisbaru Kecematan Nawangan Kabupaten Pacitan, Sukiman (70) warga Dusun Brenggolo RT 05/08 Desa Brenggolo Kecamatan Jatiroto wonogiri.

Korban akibat kecelakaan tunggal truk masuk jurang tersebut yakni enam orang luka berat, sedangkan puluhan orang lainnya luka ringan dan rawat jalan, semuanya dirawat di Rumah Sakit Amal Sehat Slogohimo Wonogiri. Dari keterangan saksi kecelakaan berawal truk Mitsubishi nopol AD 1619 PG sepulang mendatangi hajatan berjalan dari arah barat ke timur setelah tiba di tempat kejadian kondisi jalan lurus datar dan sempit.

Namun, truk yang melintas kondisi jalan labil menyalip kendaraan Suzuki Carry yang berjalan di depannya. Truk berjalan terlalu ke tepi terperosok ke jurang sedalam 12 meter dan terguling.

Akibat kejadian tersebut, kata dia, tiga korban meninggal dunia, enam lukan berat, delapan luka ringan, dan 27 lainnya rawat jalan. Anggono mengatakan penggunaan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut penumpang tersebut sudah menyalahi aturan, dan hal jangan menjadi kebiasaan masyarakat karena dapat membahayakan penumpangnya.

"Kami berharap dengan kejadian ini, masyarakat menjadi sadar bahaya angkutan bak terbuka untuk mengangkut orang. Apalagi Wonogiri juga medan jalan banyak jurang, turunan, tanjakan dan berliku-liku," katanya.

Pengemudi truk kurang hati-hati kondisi jalan sempit tetapi nekat menyalip kendaraan di depannya, sehingga ban paling kanan terperosok dan terguling ke jurang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement