Kamis 28 Jul 2016 13:13 WIB

Kabinet Hasil Reshuffle Diminta Lebih Pro-Dhuafa

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Angga Indrawan
 Beberapa menteri baru Kabinet Kerja II berfoto bersama usai pengumuman perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7).  (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Beberapa menteri baru Kabinet Kerja II berfoto bersama usai pengumuman perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan, PKS menyambut reshuffle kabinet yang diumumkan Presiden Joko Widodo.  PKS meminta agar kabinet hasil fokus pada upaya meratakan pembangunan, mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki ketimpangan ekonomi secara signifikan. 

"Hampir dua tahun terakhir ini, strategi pembangunan ekonomi lebih memihak pada kalangan pengusaha (pro-business), tapi kurang memihak kalangan dhuafa (pro-poor), makanya diharap mereka lebih  pro-dhuafa," katanya, Kamis, (28/7).

Menurutnya, tidak heran jika indikator kesejahteraan rakyat terus menurun karena selama ini selalu pro-business. Kemiskinan dan ketimpangan ekonomi meningkat. "Semoga tim ekonomi baru lebih bersikap adil dalam membuat kebijakan. Saya juga mengingatkan agar Presiden Jokowi dan tim ekonominya untuk tidak lagi menambah utang negara serta konsisten memberi suku bunga yang kompetitif bagi usaha kecil dan menengah," ujarnya.

Sohibul berharap anggota tim ekonomi baru yang dikomandani Darmin Nasution bisa memberikan optimisme bagi perekonomian Indonesia yang dua tahun ini kurang baik kinerjanya. Ibarat tim sepak bola, sekarang tim ekonominya sudah diisi pemain bintang, tinggal presiden sebagai pelatihnya apakah mampu secara efektif memimpin dan mengarahkan permainan.

"Kami mengajak semua pihak  menghormati keputusan Presiden RI Joko Widodo merombak kabinetnya.Hormati keputusan Presiden Joko Widodo karena itu memang hak prerogatif beliau," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement