Selasa 26 Jul 2016 10:36 WIB

Peserta Lasenas Susuri Rute Gerilya Jenderal Soedirman

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ilham
Jenderal Besar Soedirman.
Foto: IST
Jenderal Besar Soedirman.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Paku Alam X mengajak seluruh peserta Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) XIV untuk bisa meneladani Jenderal Soedirman. Ia mengatakan, Soedirman memiliki berbagai perilaku yang baik untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kesederhanaan Jenderal Soedirman patut menjadi contoh untuk anak muda saat ini. Meski menjadi Panglima Besar, ia tetap tampil biasa-biasa saja," kata Paku Alam X di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin (25/7).

Lasenas XIV akan mengunjungi Yogyakarta, Pacitan, dan Nganjuk. Rute tersebut mengikuti jejak gerilya Soedirman dalam perang mempertahankan kemerdekaan. Sebanyak 200 peserta yang mayoritas merupakan siswa SMA dari seluruh Indonesia akan diajak meneladani perjuangan Soedirman dan bertemu tokoh sejarah secara langsung.

Paku Alam X mengatakan, Lasenas XIV bisa mengingatkan para siswa tentang perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Republik Indonesia. "Tidak mudah mempertahankan Republik ini. Diperlukan kesadaran seluruh bangsa Indonesia tentang arti penting NKRI," katanya.

Paku Alam X berharap, kegiatan Lasenas XIV bisa menjadi ajang berbagi pengalaman dan meningkatkan wawasan peserta. "Saya juga harap peserta bisa menyebarkan ke lingkungannya masing-masing tentang ketokohan Soedirman sebagai perekat kesatuan dan perjuangan," kata Paku Alam X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement