Senin 25 Jul 2016 18:50 WIB

Alumni IPB Gelar Bersih Bogor

Rep: Rahayu Subekti/ Red: M Akbar
Logo Alumni IPB
Foto: Ist
Logo Alumni IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ribuan orang alumni IPB dari Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) akan melakukan aksi "Bebersih Bogor". Sekjen HA IPB Nelly Oswini mengungkapkan kegiatan tersebut untuk dilakukan untuk perubahan lingkungan di Kota Bogor.

''Tujuan utama program ini adalah perubahan gaya hidup anak-anak, mahasiswa, generasi muda, dan masyarakat Bogor dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan,'' kata Nelly dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (25/7).

Selain itu, menurut Nelly kegiatan yang merupakan program Aksi Hijau Nusantara (AHN) 2016 itu juga dilakukan untuk mendorong tercapainya gaya hidup sehat dan hijau di kalangan masyarakat Bogor. Masyarakat Bogor akan dibiasakan mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam, dan bahan-bahan sekali pakai.

''Kami ingin memberikan inspirasi bagi Generasi Muda untuk menjaga lingkungan dalam berapresiasi, berekspresi, dan bereksplorasi terhadap potensi bumi,'' tutur Nelly.

Kegiatan tersebut juga bekerja sama sengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Nelly menuturkan, saat kegiatan tersebut dilakukan pada Ahad (31/7) akan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Rektor IPB , alumni IPB, dan masyarakat yang memeriahkan acara tersebut.

Kegiatan "Bebersih Bogor" akan dilulai pada pukul 06.00 WIB di Lapangan Kodim 0606 Kota Bogor. "Semua relawan kebersihan juga akan mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sekaligus mensosialisasikan tata cara pengelolaan sampah dengan konsep lubang biopori dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)," jelas Nelly.

Nelly mengungkapkan, kegiatan AHN 2016 yang menyertai program tersebut beberapa diantaranya yaitu penghijauan dengan penanaman pohon buah dan pohon pelindung di Kota Bogor. Selain itu juga bersepeda di Lapangan Kodim 0606 Bogor.

Selanjutnya, kata Nelly, operasi plastik juga akan dilakukan dengan penukaran kantong keresek dan bersih-bersih sampah plastik di DPD HA IPB se-Indonesia. Pembuatan lubang biopori dan kegiatan Expo berbagai produk daur ulang dari sampah bertempat juga akan diselenggarakan. "Artis ingkungan hidup seperti Nugie dan Band Alumni juga akan memeriahkan acara," tutur Nelly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement