Senin 25 Jul 2016 17:42 WIB

Sinar Mas Anggarkan Miliaran Rupiah untuk 80 Desa Peduli Api

Asia Pulp & Paper (APP)
Foto: vimeo.com
Asia Pulp & Paper (APP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menganggarkan dana Rp 16 - 21,6 miliar untuk mendanai program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang digagasnya tahun ini. Sinar Mas akan menggelontorkan Rp 200 - 270 juta per desa untuk desa yang membantu program pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan sampai akhir 2016.

Head of Social & Security Sinar Mas Forestry Agung Wiyono mengatakan setidaknya ada 80 desa di sekitar wilayah hutan produksi milik perusahaan yang akan mendapatkan dana tersebut tahun ini. Dana tersebut diberikan dalam bentuk pelatihan serta pendampingan yang digunakan untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan, permodalan desa untuk penanaman hortikultura, persawahan, peternakan, budidaya dan sejenisnya.

“Parameter pemilihan desa yang masuk kriteria DMPA disesuaikan dengan tujuan program, yakni desa yang kerap kali menjadi sumber konflik, memiliki rekam jejak kebakaran lahan yang tinggi, dan menjadi pusat perambahan serta pembalakan liar," kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan program DMPA merupakan upaya perusahaan mendukung upaya pemerintah melestarikan lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran hutan. Dalam jangka panjang, Sinar Mas menurutnya akan melibatkan 500 desa dalam program tersebut.

“500 desa tersebar di Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur dengan investasi 10 juta dolar AS sampai 2020 mendatang. Selain meningkatkan perekonomian masyarakat desa di sekitar hutan konsesi, juga akan mencegah kebakaran dan gangguan hutan lainnya,” kata Suhendra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement